Calendar of Event Pariwisata Kota Pariaman Tahun 2022 Diluncurkan di Kampar, Ini Alasannya 

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota Pariaman, Genius Umar launching Calendar of Event (CoE) Pariwisata Kota Pariaman Tahun 2022 di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Peluncuran ini bersamaan dengan Pengukuhan DPD PKDP Kabupaten Kampar, bertempat di Gedung Mahligai Bungsu Bangkinang, Jumat malam (18/2/2022).

Calendar of Event Pariwisata Kota Pariaman Tahun 2022 ini, terdiri dari 77 event yang digelar dari bulan Januari sampai Desember 2022, dimana untuk tahun ini kita laksanakan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, dimana Riau merupakan wisatawan terbanyak yang berkunjung dan berwisata di Kota Pariaman,” tuturnya.

Genius mengatakan ada tiga event besar dari 77 event yang akan menjadi event unggulan di tahun 2022 ini, dalam rangka untuk meramaikan Kota Pariaman, dimana event tersebut adalah Festival Hoyak Tabuik, Silek on The Sea dan Festival Indang.

“Khusus untuk Festival Hoyak Tabuik Piaman, yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 14 Agustus 2022 mendatang, masuk tahap verifikasi 200 besar Event nasional atau KEN (Kharisma Event Nusantara) 2022, dan ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Kota Pariaman,” ujarnya.

Event-event yang akan dilaksanakan berasal dari kelompok masyarakat, OPD, Kelompok Sadar Wisata dan Komunitas yang tumbuh dan berkembang di Kota Pariaman, dimana Genius terus mendorong OPD, Pokdarwis, serta komunitas kreatif yang ada di Kota Pariaman, untuk ambil bagian dalam CoE Pariaman Festival setiap tahunya, ungkapnya.

Setelah sukses di tahun 2021 dengan 45 event, tahun 2022 ini event yang akan dilaksanakan bertambah menjadi 77 event. Genius berharap, dari launching Calendar of Event yang diadakan diluar Kota Pariaman ini, membuat pariwisata Kota Pariaman semakin terkenal, dengan menargetkan kunjungan 2 juta wisatawan.

“Kalau dulu ada Pameo Piaman tadanga langang, batabuik mangko ka rame, Alhamdulillah, setiap hari kini Pariaman lah mulai rami, dimana setiap weekend, di sepanjang Pantai Pariaman, akan dipenuhi Bus-Bus wisata dan mobil pribadi yang berasal dari Riau, Jambi dan daerah lainya di regional sumatera,” jelasnya menambahkan.

Genius juga menghimbau agar para perantau untuk bersama membangun kampung halaman, sehingga semangat gotong royong, saiyo sakaki dalam memajukan Kota Pariaman, juga melibatkan para perantau yang sukses di daerah tempatnya merantau.

Dalam pelantikan dan pengukuhan DPD PKDP Kabupaten Kampar ini bertema “Bersama PKDP, kita tingkatkan raso badunsanak, peningkatan ekonomi serta adat dan budaya menuju masyarakat PKDP yang bermarwah baik di ranah maupun di rantau.

Baca Juga : Putra Wapres RI, Ahmad Syauqi Kagumi Pariwisata Kota Pariaman

Acara ini juga dihadiri oleh Anggota DPD RI asal Riau, Misharti, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Staf Ahli Bupati Kampar, Zamzami, Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Arwinsyah dan Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Efrizal.

Kemudian Ketua DPW PKDP Provinsi Riau, Herman Nazar, Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad, Ketua DPD Ketua PKDP se Provinsi Riau, Ketua DPD PKDP Kabupaten Kampar, Rosywan beserta pengurus yang baru dilantik dan dikukuhkan dan panitia acara serta undangan yang hadir. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist