Bupati Tanah Datar Promosi Wisata Daerahnya Langsung di Depan Penumpang AirAsia

Bupati Tanah Datar Promosi Wisata Daerahnya Langsung di Depan Penumpang AirAsia

Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Manajer Teknik Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Bambang Sugino. [Foto: Dok. Prokopim Tanah Datar]

Padang, Padangkita.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra,terus berupaya meningkatkan kunjungan wisata ke daerahnya. Ia pun berinisiatif berpromosi langsung kepada penumpang pesawat AirAsia di ruang tunggu keberangkatan internasional Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sabtu (11/3/2023)

Di hadapan seluruh penumpang pesawat AirAsia, Bupati Eka Putra didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Hendri Agung Indrianto, menyebutkan bahwa Tanah Datar merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Sumatera Barat memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik.

“Ada banyak destinasi wisata di Tanah Datar, mulai dari wisata alam seperti Aua Sarumpun, Panorama Tabek Patah, Danau Singkarak, Air Terjun Lembah Anai, Puncak Macau dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu juga ada wisata sejarah, juga wisata budaya. Dan yang tidak kalah menariknya adalah wisata kuliner daerahnya, disana ada berbagai jenis makanan khas seperti lamang tapai, kawa daun dan makanan khas lainnya yang pasti akan memanjakan lidah kita," ujar Bupati Eka.

Lebih lanjut, Bupati Eka juga menyampaikan bahwa setiap tahunnya Pemkab Tanah Datar juga mengadakan berbagai event seperti program satu nagari satu event, pacu jawi, troy atau paralayang yang semuanya sudah ada dalam calendar of event Tanah Datar.

Selain objek wisata, Tanah Datar juga memiliki oleh-oleh khas yang sudah ada sejak dahulu seperti tenun pandai sikek, sulaman kapalo samek, sulam benang emas, kain songket serta berbagai produk UMKM lainnya.

Menurut Bupati Eka, apa yang dilakukannya ini salah satu ikhtiar untuk menarik dan meningkatkan kunjungan wisata ke Tanah Datar.

“Ini adalah salah satu ikhtiar Saya selaku Kepala Daerah untuk mengundang baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Tanah Datar. Tadi kita lihat bersama mereka sangat senang sekali kita sapa dan Alhamdulillah mereka juga sangat mengagumi keindahan alam kita di Tanah Datar,” ujarnya.

Bupati Eka juga berharap setelah promosi wisata di BIM tentunya ke depan akan lebih banyak lagi tamu-tamu wisawatan datang ke Tanah Datar, khususnya yang dari Malaysia.

“Tanah Datar itu memiliki banyak wisata alam, juga kuliner. Namun yang paling menarik itu wisata sejarahnya, terutama antara Tanah Datar dengan Malaysia khusunya Negeri Sembilan itu banyak kesamaannya. Jadi sekali lagi harapan kami kepada tamu-tamu kita yang berasal dari Malaysia untuk mengajak lebih banyak lagi orang untuk berkunjung ke Tanah Datar. Tadi Kami juga menawarkan selain hotel berbintang, juga ada homestay yang sangat menarik untuk mereka menginap selama berada di Tanah Datar,” tambah Eka Putra.

Bupati Eka juga sampaikan bahwa kegiatan yang dilakukannya hari ini juga salah satu bentuk kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dengan pihak Angkasa Pura dan maskapai AirAsia.

Sementara kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar, Bupati Eka Putra juga menghimbau untuk ikut mempromosikan objek-objek wisata yang ada melalui media sosial yang dimilikinya.

“Kepada masyarakat yang mempunyai media sosial tolong berita ini disebarluaskan, baik itu melalui instagram, facebook, atau media sosial lainnya. Kabarkan ke dunia luar bahwa di Tanah Datar banyak sekali event, sehingga target kunjungan wisata kita 2 juta orang bisa tercapai. Ayo ke Tanah Datar, Tanah Datar rancak bana,” pungkasnya.

Sebelumnya Manajer Teknik Bandara Internasional Minangkabau Bambang Sugino menerangkan bahwa kehadiran Bupati Tanah Datar di ruang tunggu keberangkatan penumpang AirAsia bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Tanah Datar, dan ini tentunya didukung oleh pihak Bandara yang berkomitmen dalam mendukung Pariwisata.

“Sebab itulah kami memberikan kesempatan untuk memasang materi promosi pariwisata Kabupaten Tanah Datar diruang tunggu keberangkatan internasional ini,” terangnya.

Baca juga: Tanah Datar Kini Punya Perda Rencana Induk Pembangunan Pariwisata

Bambang menyebutkan, Kabupaten Tanah Datar adalah salah satu daerah tujuan wisata utama di Provinsi Sumatera Barat, daerah yang dikenal dengan nama Luhak nan Tuo atau wilayah yang tua ini selain memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan kuliner khasnya juga kaya akan wisata budayanya.  [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Baca Juga

Kafilah Rambatan Kembali Raih Juara Umum MTQ Nasional Tanah Datar
Kafilah Rambatan Kembali Raih Juara Umum MTQ Nasional Tanah Datar
251 Jemaah Haji Tanah Datar Disambut di Indojolito, 1 Jemaah Dirawat di Arab Saudi
251 Jemaah Haji Tanah Datar Disambut di Indojolito, 1 Jemaah Dirawat di Arab Saudi
ASPILA Wujudkan Hunian Nyaman bagi Korban Bencana di Paninjauan
ASPILA Wujudkan Hunian Nyaman bagi Korban Bencana di Paninjauan
Musala di Kawasan Angker Galoga: Ubah Ketakutan Menjadi Keteduhan
Musala di Kawasan Angker Galoga: Ubah Ketakutan Menjadi Keteduhan
Jalinan Sinergi dan Kenangan Manis Warnai Malam Pisah Sambut Dandim 0307 Tanah Datar
Jalinan Sinergi dan Kenangan Manis Warnai Malam Pisah Sambut Dandim 0307 Tanah Datar
Bupati Serahkan Piala Adipura kepada DPRD: Simbol Penghargaan untuk Rakyat
Bupati Serahkan Piala Adipura kepada DPRD: Simbol Penghargaan untuk Rakyat