Bupati Pasaman Dukung Andre Rosiade Jadi Gubernur Sumbar, Ini Alasannya

Bupati Pasaman Dukung Andre Rosiade Jadi Gubernur Sumbar, Ini Alasannya

Anggota DPR RI Andre Rosiade bersama Bupati Pasaman Benny Utama. [Foto; Ist.]

Bukittinggi, Padangkita.com - Bupati Pasaman Benny Utama menyebut Anggota DPR RI Andre Rosiade layak dijagokan sebagai calon Gubernur (Cagub) Sumbar. Dia mengaku telah melihat Andre Rosiade dari waktu ke waktu yang selalu memberikan perhatian lebih untuk Sumbar, termasuk saat duka Pasaman dan Pasbar akibat gempa bumi.

“Andre Rosiade adalah calon Gubernur Sumbar ke depan. Beliau layak menurut saya. Dengan perhatiannya ke Sumbar. Tidak hanya Pasaman, tapi juga seluruh Sumbar. Tidak berlebihan kalau mengatakan beliau anak muda energik, calon pemimpin Sumbar ke depan,” kata Benny Utama saat memberikan sambutan penyerahan bantuan untuk korban gempa Pasaman-Pasbar oleh Taspen Group di Kantor Taspen Bukittinggi, Rabu (9/3/2022).

Bahkan, Benny juga menyerukan semua pihak untuk mendukung Andre Rosiade menjadi Gubernur Sumbar ke depan.

“Saya akan mendukung penuh Andre Rosiade jadi Gubernur. Minimal, saya akan pimpin pemenangan di Kabupaten Pasaman,” kata politisi yang merupakan kader Partai Golongan Karya (Golkar) dan pernah menjadi Ketua DPRD Pasaman dan Anggota DPRD Sumbar dari Golkar.

Benny Utama menyebutkan, saat ini Pasaman dan Pasaman Barat sedang berduka. Di Pasaman, 10 orang meninggal dunia dan 4 lainnya masih dicari karena diduga tertimbun longsor akibat gempa. Begitu juga di Pasbar, ada yang meninggal dan banyak rumah yang porak-poranda.

“Kami melihat masa pemulihan akan panjang. Butuh dana banyak dan dukungan penuh dari Pak Andre Rosiade dan juga BUMN seperti Taspen,” katanya.

Benny Utama mengaku mengenal Andre Rosiade sudah cukup lama, bahkan saat masih bersekolah. Karena dia mengenal sosok kakek Andre Rosiade yang dikenal sebagai TNI di Kabupaten Pasaman.

“Jadi, kami mengenal Andre sudah cukup lama dan dia memiliki keberanian untuk menjadi pemimpin Sumbar. Saya kenal dengan keluarga-keluarganya juga,” kata Benny Utama.

Menarik sebenarnya apa yang disampaikan oleh Benny Utama yang notabenenya bukan politisi Partai Gerindra, melainkan Golkar. Hal ini menandakan, Pilkada bukan lagi soal siapa berasal dari partai apa. Sosok atau ketokohan calon dan perhatian terhadap rakyat sangat dibutuhkan.

Direktur Eksekutif Liberte Institute Indrayadi menyebutkan, sangat wajar kalau akhir-akhir ini Andre Rosiade mulai digadang-gadang sebagai calon Gubernur Sumbar. Pasalnya, sebagai anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Andre sangat menonjol dan selalu berbuat untuk masyarakat Sumbar.

“Sosok Andre Rosiade ini unik. Saya melihat, berbagai kepala daerah bisa dibilang dekat dengan Andre walau berbeda partai politik. Dia sering membawa para kepala daerah itu bertemu Menteri dan Direksi BUMN untuk kepentingan masyarakat. Itu menandakan Andre sangat cair dalam hubungan politik nya dan diterima berbagai parpol,” kata mahasiswa doktoral (S3) ini.

Dalam hasil survei Liberte Institute terbaru, kata dia, juga memperlihatkan kalau Andre Rosiade salah satu kandidat Gubernur Sumbar yangg sangat diperhitungkan dengan elektabilitas yang terus naik.

“Saya perkirakan, 2024 Andre Rosiade akan menjadi pesaing kuat calon Gubernur Sumbar,” ujarnya.

Sementara Andre Rosiade yang ditanya wartawan di lokasi acara tetap belum mau menjawab pertanyaan soal Pilkada Sumbar. Dia lebih memilih menjawab pertanyaan yang terkait dengan posisinya sebagai anggota DPR RI Komisi VI yang bermitra dengan Kementerian Perdagangan, yaitu masalah minyak goreng yang langka.

“Tak usah kita bahas Pilkada, sekarang kerja nyata saja dulu. Kami belum memikirkan soal Pilkada Sumbar, karena masih fokus menjalankan amanah sebagai Anggota DPR RI. Kerja saja dulu, soal Pilkada belum terpikirkan sekarang. ‘Belanda’ masih jauh. Itu urusan 2024. Kini saatnya menuntaskan amanah saya sebagai anggota DPR,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Padang Hendri Septa yang juga Ketua DPD PAN Padang mengaku mendukung generasi muda untuk maju dalam kontestasi politik di Sumbar.

“Pak Andre Rosiade sebagai anggota DPR juga sangat memikirkan kondisi Sumbar. Kenapa tidak, kalau ada peluang menjadi Gubernur. Silakan saja,” kata Hendri Septa saat peninjauan Pasar Belimbing pekan lalu.

Hendri Septa mempersempit lagi pernyataannya terhadap Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu.

“Kita mendukung, putra-putra kita. Alhamdulillah, saya mendengar pak Andre Rosiade sangat diterima dan disenangi warga Sumbar. Kemungkinan juga ini momentum untuk beliau. Kita lihat saja 2024 ke depan,” kata putra anggota DPR RI asal Sumbar Asli Chaidir ini.

Dukungan Andre Rosiade menjadi Gubernur Sumbar juga menggema dari Limapuluh Kota. Bahkan, videonya juga pernah beredar dan viral di Luak Nan Bungsu itu. Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra menyebutkan,  pada pemilihan 2024 mendatang, wajib untuk memenangkan Andre Rosiade sebagai Gubernur Sumbar terutama di Limapuluh Kota.

Dan itu sudah jadi komitmen bersama seluruh kader Gerindra dari tingkat jorong, nagari, kecamatan hingga di Kabupaten. “Kami siap bekerja keras memenangkan Prabowo Presiden dan Andre Rosiade sebagai Gubernur Sumbar,” kata Deni yang juga ketua DPC Gerindra Limapuluh Kota ini.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar hampir di setiap kesempatan bersama Andre Rosiade menyatakan dukungannya untuk Andre maju sebagai calon Gubernur Sumbar. Dia melihat, Andre sangat layak memimpin Sumbar untuk lebih baik ke depannya.

Baca juga: Taspen Group Bersama Andre Rosiade Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Pasaman-Pasbar Rp400 Juta

“Kami dukung penuh bang Andre Rosiade jadi Gubernur. Apalagi setiap datang, selalu diteriaki warga untuk maju sebagai Gubernur,” katanya. [*/pkt]

Baca Juga

Andre Rosiade Ungkap Bukti Kuatnya Komitmen Semen Padang FC untuk Bersaing di Liga 1
Andre Rosiade Ungkap Bukti Kuatnya Komitmen Semen Padang FC untuk Bersaing di Liga 1
PKS dan Gerindra Resmi Usung Mahyeldi dan Vasko di Pilgub Sumbar, Andre Rosiade: Insya Allah Menang
PKS dan Gerindra Resmi Usung Mahyeldi dan Vasko di Pilgub Sumbar, Andre Rosiade: Insya Allah Menang
Andre Rosiade Ajak Masyarakat Sumbar Pilih Ustaz Jelita Donal di PSU DPD RI 13 Juli 2024
Andre Rosiade Ajak Masyarakat Sumbar Pilih Ustaz Jelita Donal di PSU DPD RI 13 Juli 2024
Samade Dukung Andre Rosiade Minta PTPN segera Replanting Kelapa Sawit Sumbar
Samade Dukung Andre Rosiade Minta PTPN segera Replanting Kelapa Sawit Sumbar
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatera hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja Hutama Karya
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatera hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja Hutama Karya
Andre Rosiade Optimistis Pemerintahan Prabowo-Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen
Andre Rosiade Optimistis Pemerintahan Prabowo-Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen