Buka MTQ Nasional di Sumbar Secara Virtual, Presiden Jokowi: Mari Kita Bumikan Alquran dan Syiarkan Islam

|
Editor: Zulfikar

Padang, Padangkita.com – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020 secara resmi dibuka di Stadion Utama Sumatra Barat (Sumbar), Nagari Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (14/11/2020) malam. MTQ Nasional itu dibuka oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo secara virtual.

Selain itu, di lokasi juga sudah sudah hadir Menteri Agama RI, Fachrul Razi dan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Acara juga dihadiri oleh sejumlah gubernur dan pejabat dari berbagai daerah secara virtual.

Baca Juga

Pantauan Padangkita.com, acara pembukaan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Perwakilan kafilah, pejabat publik, dan masyarakat yang duduk di kursi tribun harus menerapkan physical distancing. Semua yang datang juga wajib menggunakan masker.

Di depan tribun tersebut, terdapat panggung acara dan layar monitor dengan ukuran besar. Semua yang hadir pada kesempatan itu bisa melihat dengan jelas setiap orang yang bicara dan ditampilkan di layar monitor tersebut. Lalu, panggung juga dihiasi dengan lampu hias warna-warni.

Saat membuka acara, Presiden Jokowi mengatakan, MTQ Nasional bukanlah acara perlombaan semata, tapi juga sebagai syiar kepada masyarakat untuk bisa mempedomani Alquran.

“MTQ Nasional tidak hanya wahana untuk berlatih dan berlomba, tapi untuk meningkatkan kesadaran umat dalam membumikan Alquran,” ujar Jokowi terlihat di monitor berukuran besar tersebut.

Dengan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran, kata Jokowi, diharapkan ukhuwah umat pun bisa terbentuk. Terlebih di tengah Pandemi Covid-19 ini. Semua pihak harus saling bahu-membahu untuk membantu dan berbagi.

“Saya yakin atas pertolongan Allah dan ikhtiar kita, kita bisa kembali bangkit,” ucapnya.

Lalu, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar sebagai pihak penyelenggara, dan kepada peserta, dia pun berharap keikutsertaan mereka bisa menjadi sarana untuk mengembangkan syiar Islam di Indonesia.

“Dengan mengucapkan bismillah, acara MTQ Nasional ke-28 tahun 2020 secara resmi saya buka,” kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Agama RI, Fachrul Razi dalam sambutannya menyampaikan, MTQ Nasional merupakan momentum untuk mensyiarkan Alquran dan menjadi penggerak ekonomi di tempat pelaksanaan MTQ Nasional itu sendiri.

Meski MTQ Nasional pada tahun ini diselenggarakan di tengah Pandemi Covid-19, ia berharap kegiatan berlangsung lancar dengan menerapkan protokol kesehatan. Fachrul berharap Pandemi Covid-19 tidak menghilangkan syiar dari MTQ Nasional itu sendiri.

“Alquran harus difungsikan sebagai penuntun umat, baik pribadi dan masyarakat menuju kehidupan lebih baik. MTQ Nasional diharapkan bisa membentuk generasi yang islami,” katanya.

Lebih lanjut, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, MTQ Nasional tahun ini merupakan MTQ Nasional kedua yang pernah diselenggarakan di Sumbar. Sebelumnya, Sumbar juga pernah menjadi tuan rumah MTQ Nasional pada 1983.

MTQ Nasional ke-28 tahun 2020 dilaksanakan di dua daerah di Sumbar, yaitu Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman. Acara berlangsung mulai 12 November hingga 21 November 2020. Acara diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia, kecuali Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Tema diangkat yaitu ‘Mewujudkan SDM yang Unggul dan Qurani untuk Indonesia Maju’. Kami ajak semua lapisan masyarakat untuk zikir dan tafakur untuk membangun peradaban,” ujar Irwan.

Ia mengimbau, agar peserta berlomba secara sehat. Dewan hakim juga dituntut untuk objektif dan bijaksana dalam penilaian.

Pada acara pembukaan tersebut juga diikuti dengan pengibaran bendera MTQ Nasional oleh paskibraka dengan diiringi mars MTQ Nasional. Lalu, dilanjutkan dengan penampilan defile kafilah yang berjalan mengelilingi lapangan stadion.

Sementara, untuk jumlah kafilah per provinsi yaitu, Aceh 104 orang, Bali 37 orang, Banten 125 orang, Bengkulu 70 orang, DKI Jakarta 95 orang, Gorontalo 75 orang, Jambi 93 orang, Jawa Barat 127 orang, Jawa Tengah 97 orang, Jawa Timur 106 orang, Kalimantan Barat 88 orang, dan Kalimantan Selatan 75 orang.

Kemudian, Kalimantan Tengah 60 orang, Kalimantan Timur 124 orang, Kalimantan Utara 30 orang, Bangka Belitung 81 orang, Kepulauan Riau 104 orang, Lampung 59 orang, Maluku 65 orang, Maluku Utara 65 orang, Nusa Tenggara Barat 50 orang, Papua 65 orang, Papua Barat 70 orang, dan Riau 98 orang.

Baca juga: Demi Ikut MTQ Nasional, Seorang Peserta Utusan Kaltara Rela Naik Sepeda Motor dari Sulteng ke Padang

Selanjutnya, Sulawesi Barat 79 orang, Sulawesi Selatan 80 orang, Sulawesi Tengah 75 orang, Sulawesi Tenggara 65 orang, Sulawesi Utara 28 orang, Sumbar 125 orang, Sumatra Selatan 57 orang, dan Sumatra Utara 85 orang.

Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan penampilan seni budaya. [zfk]


Baca berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler