Buka Gebu Minangkabau 2021, Wawako Pariaman: Semoga Menumbuhkan Kembali Kekayaan Seni dan Budaya Tradisi

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Wakil Wali Kota (Wawako) Pariaman, Mardison Mahyuddin membuka acara Gelanggang Budaya Minangkabau (Gebu Minangkabau) yang digelar Komunitas Budaya Masyarakat (KBM) Parmato Alam Kota Pariaman di Pentas Seni Pantai Kata Pariaman, Senin (6/12/2021).

Kegiatan tersebut digelar mulai tanggal 5-12 Desember 2021, dengan memperlombakan Virtual Indang Pariaman (VIP) untuk tingkat sekolah dasar (SD) dan Batandiang Lagu Minang (Balamin) tingkat Umum se-Sumatra Barat.

Wawako Pariaman, Mardison Mahyudin mengatakan, saat ini generasi muda sudah mulai lupa dengan seni tradisi daerahnya sendiri. Diharapkan, dengan kegiatan semacam ini, dapat menumbuhkan kembali kesadaran generasi muda akan kekayaan seni dan budaya tradisi yang dimiliki Kota Pariaman.

Menurut Mardison, kegiatan ini sejalan dengan dengan visi Pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD Kota Pariaman periode 2018-2023, yaitu Pariaman Kota Wisata, Perdagangan, Jasa yang Religius dan Berbudaya.

“Karena sumberdaya daerah adalah budaya daerah yang merupakan produk dan nilai tradisi daerah yang pasti dimiliki setiap suku bangsa di Indonesia. Kota Pariaman memiliki seni budaya yang unik dan khas serta dapat menjadi atraksi wisata yang menarik bagi pariwisata Kota Pariaman, seperti seni pencak silat, maleo pukek, gendang tasa, indang dan banyak lagi lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Mardison, bahwa ia melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam memeriahkan event yang digagas oleh seniman-seniman Kota Pariaman melalui Gebu Minangkabau 2021 itu.

Baca juga: Lagi, PPID Kota Pariaman Terima Penghargaan dari KI Sumbar

“Kita berharap melalui kegiatan ini akan mampu melestarikan budaya Piaman di tengah perkembangan zaman, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman itu sendiri,” katanya. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist