Buaya Muncul di Tiku Kabupaten Agam, Mulai dari Tempat Wisata hingga TPI

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini: Seekor Buaya Muara muncul di sejumlah tempat di Tiku, Kabupaten Agam, Selasa (2/3/2021).

Lubuk Basung, Padangkita.com – Seekor Buaya Muara atau dengan nama latin Crocodylus Porosus muncul di sejumlah tempat di Tiku, Kabupaten Agam, Selasa (2/3/2021).

Berdasarkan laporan masyarakat setempat, buaya itu sempat terlihat di salah satu objek wisata di Nagari Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam. Lalu, juga ada yang melihat buaya itu muncul di Pantai Bandar Mutiara dan di Pantai Banda Gadang.

Kepala Balai Konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) Agam, Ade Putra menyebutkan, di salah satu objek wisata di Tiku, Agam buaya itu muncul sekitar pukul 18.30 WIB.

Bahkan, kemunculan satwa dilindungi yang berenang sekitaran bibir pantai itu sempat divideokan warga dan menjadi perbincangan di media sosial.

“Keterangan dari warga, buaya itu terakhir terlihat di sekitaran lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Jorong Pasia Tiku,” ujar Ade kepada Padangkita.com, Rabu (3/3/2021).

Menurut Ade, panjang buaya itu diperkirakan mencapai 1,5 sampai 2 meter.

Untuk mengantisipasi adanya konflik antara manusia dan buaya, lanjut Ade, BKSDA sudah mendatangi lokasi untuk menindaklanjuti penampakan buaya tersebut.

“Di lokasi, sampai dengan pukul 22.00 WIB, dari hasil pemantauan kami satwa sudah tidak terlihat dan tidak muncul lagi,” ucap Ade.

Karena di sekitar lokasi merupakan objek wisata, jelas Ade, BKSDA sudah memasang spanduk peringatan agar warga tidak mendekati bibir pantai dan berenang.

“Ada lima spanduk yang kita pasang di pantai Jorong Gasan Kaciak dan Pasia Tiku,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Ade juga mengimbau agar warga dan pengunjung pantai tidak beraktivitas di dalam air di sepanjang pantai tempat buaya tersebut muncul untuk sementara waktu.

Baca juga: Nelayan Tiku Selatan Agam Dilaporkan Hilang Saat Pergi Memancing ke Labuhan Tiku

“BKSDA bersama aparat terkait akan melakukan penanganan lebih lanjut sesuai dengan SOP,” kata Ade. [zfk]


Baca berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler