BPP Kemendagri RI Puji Genius Umar Soal Inovasi di Kota Pariaman

Penulis: Ramono Aryo

Berita Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini: Wali Kota Pariaman Genius Umar melakukan konsultasi bersama Kepala BPP Kemendagri RI

Pariaman, Padangkita.com –  Wali Kota Pariaman Genius Umar berkonsultasi dengan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Agus Fatoni Kamis (12/2/2021).

“Hari ini kita melakukan konsultasi ke BPP Kemendagri RI terkait inovasi Kota Pariaman. Konsultasi bertujuan untuk menyampaikan inovasi yang ada di Kota Pariaman. Banyak hal yang kita sampaikan dalam meningkatkan inovasi Kota Pariaman khususnya pada masa pandemi covid-19 karena sampai saat ini covid-19 masih berada disekitar kita sementara perekonomian harus terus berjalan,” ungkap Genius Umar.

Kota Pariaman telah banyak melakukan inovasi, antara lain dibidang pariwisata, bidang pertanian, bidang pemerintahan desa, bidang Pendidikan dan bidang perekonomian. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 yang telah diraih Kota Pariaman pada penghujung Tahun 2020 dan diserahkan langsung oleh Kepala BPP Kemendagri RI, Agus Fatoni.

“Dimasa pandemi covid-19, kita selalu berupaya meningkatkan inovasi daerah khususnya dibidang pariwisata karena pariwisata merupakan tulang punggung dari sektor ekonomi Kota Pariaman. Kita tetap berupaya Kota Pariaman menjadikan kota tujuan wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Untuk bidang pertanianpun telah dilakukan penggarapan lahan tidur dengan melihat potensi yang ada. Penggarapan lahan tidur ini melibatkan para pemuda dan petani melineal yang dibimbing langsung oleh Pemerintah Daerah sehingga menjadi bermanfaat seperti beberapa desa yang telah menyulap lahan tidur menjadi tempat wisata, “ tambahnya.

Ia berharap dengan konsultasi yang dilakukan hari ini, Kota Pariaman bisa menciptakan inovasi lebih banyak lagi sehingga perekonomian di Kota Pariaman terus meningkat dan Kota Pariaman semakin maju dan berkembang

Sementara itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Kemendagri RI) Agus Fatoni diruang kerjanya sangat mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Pariaman yang saat ini semakin berkembang namun tetap memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya.

“Saya menerima kunjungan Walikota Pariaman Genius Umar yang ingin melakukan konsultasi tentang bagaimana meningkatkan inovasi daerah. Menciptakan inovasi tidak sesulit yang dibayangkan. Dimulai saja dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pariaman, seandainya saja setiap OPD bisa menciptakan 5 (lima) inovasi, tentu bisa dibayangkan berapa inovasi yang diciptakan setiap tahunnya, “ ungkapnya.

Ia menambahkan dengan semakin banyaknya inovasi yang tercipta maka akan mendongkrak kinerja Pemerintah Kota Pariaman dalam rangka mencapai tujuan pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan daya saing daerah.

Inovasi menjadi kunci dalam meraih sukses penyelenggaraan pemerintah daerah khususnya dimasa pandemi covid-19. BPP Kemendagri telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong percepatan pelaksanaan inovasi di berbagai sektor publik. Hal itu dilakukan untuk mengejar ketertinggalan daerah dengan melakukan sentuhan di banyak sektor publik dengan beragam inovasi.

Baca Juga: Bernilai Ekonomi Tinggi, Wako Pariaman Minta Masyarakat Tanam Porang

“Setelah ini kami berharap laporan Inovasi dari Kota Pariaman kami terima untuk kami lakukan pengukuran indeks inovasi daerah. Kami tetap mendukung pemerintah daerah dalam menciptakan inovasi-inovasi. Semoga Pemerintah Kota Pariaman diberi kelancaran dalam memajukan daerah dan bisa sukses nantinya,“ tutupnya. [*/abe]


Baca berita Kota Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist