BPN Pasbar Serahkan 1.250 Sertifikat Tanah Masyarakat di Nagari Rabijonggor Pasbar

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menyerahkan 1.250 sertifikat tanah yang masuk Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Nagari Rabijonggor, Kecamatan Gunung Tuleh.

Penyerahan sertifikat secara simbolis kepada masyarakat itu disaksikan oleh Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan dan Pj Wali Nagari Rabijonggor, Fahrein.

“Alhamdulillah masyarakat kita di Nagari Rabijonggor yang mendapatkan program PTSL sebanyak 1.250 persil. Namun saat penyerahan secara simbolis hanya kepada 20 orang sebagai perwakilan, mengingat saat ini kita dalam masa pandemi Covid-19,” kata Fahrein kepada Padangkita.com, Senin (19/7/2021).

Fahrein mengatakan penyerahan sertifikat tanah tersebut sebagai upaya pemerintah untuk memberikan kekuatan hukum atas kepemilikan hak atas tanah. Sertifikat aset tanah dapat digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh modal usaha dan meningkatkan kepastian dan keberlangsungan penerimaan manfaat.

“Saat ini masyarakat sudah merasa sedikit lega mengingat aset yang mereka miliki sudah mempunyai legalitas yang kuat. Tentu kami mewakili masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah atas program tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh Fahrein menyebutkan hal ini juga akan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khususnya di Nagari Rabijonggor. Pasalnya, sertifikat tersebut tentu akan bisa menjadi jaminan apabila masyarakat ingin memiliki modal usaha yang bisa didapatkan dengan cara mengajukan pinjaman ke bank.

Dia mengingatkan penyerahan sertifikat harus bersamaan dengan kewajiban masyarakat untuk membayar Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), sehingga sertifikat dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca juga: Ada Harimau di Area Perkebunan Sawit di Pasbar, BKSDA Sumbar Pasang Perangkap untuk Evakuasi

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan sertifikat itu dengan sebaik-baiknya atau dijadikan warisan. Namun apabila memang diperlukan untuk tujuan yang bisa meningkatkan taraf ekonomi keluarga, silakan, akan tetapi bukan untuk hal yang malah akan menjerat masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sebagai langkah pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap penyebaran Covid-19.

“Bagi masyarakat yang berminat untuk vaksin silakan datang ke Puskesmas atau tempat-tempat umum lainnya yang melaksanakan vaksinasi massal. Kemudian mari kita terapkan protokol kesehatan yang ketat agar penyebaran Covid-19 di Bumi Tuah Basamo ini bisa kita minimalisasi.” (rom/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist