BOR Covid-19 di Sumbar Capai 77 Persen, Dinkes Sumbar Minta Daerah Menambah Tempat Tidur

Padang, Padangkita.com – Tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR) pasien Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) hampir mencapai 77 persen. Semua daerah diminta menambah jumlah tempat tidur di RSUD masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar Arry Yuswandi mengatakan BOR tersebut meningkat dibandingkan beberapa waktu sebelumnya.

“Kalau di Sumbar rata-rata (BOR) 77 persen. Sebelumnya kan 72 persen,” ujarnya, Senin (26/7/2021).

Peningkatan keterisian tempat tidur tersebut, kata dia, seiring dengan meningkatnya temuan kasus positif Covid-19 di Sumbar.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit, Dinkes Sumbar telah menyurati bupati/wali kota untuk menambah jumlah tempat tidur rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19.

“Indikator yang bisa kita gunakan, bagi daerah yang zona kuning, itu sebenarnya diharapkan 30 persen tempat tidur di rumah sakit dijadikan sebagai tempat tidur pasien Covid-19. Sedangkan di zona merah, 40 persen,” jelas Arry.

Pihaknya pun terus mendorong agar jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit terus bertambah.

Baca juga: 2 Pekan PPKM di Sumbar, Kasus Covid-19 masih Tinggi, Bertambah 752 Orang

 Laporan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumbar, Minggu (15/7/2021), menyebutkan total kasus Covid-19 telah mencapai 65.793 orang, setelah bertambah 752 orang. Kasus aktif sebanyak 10.681, yang tersebar di 19 daerah. Namun kasus aktif paling banyak terdapat di Kota Padang. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist