Binjai Pessel Banjir Lagi, Ketinggian Air Capai 70 Centimeter, Warga Masih Bertahan di Rumah

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Nagari Binjai, Kecamatan Ranah Ampel Hulu Tapan, Pessel kembali dilanda banjir.

Painan, Padangkita.com – Nagari Binjai, Kecamatan Ranah Ampel Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembali dilanda banjir, Jumat (5/3/2021).

Aldasman, warga setempat mengatakan, air sudah menggenangi badan jalan, bahkan sudah masuk ke rumah-rumah warga.

“Kalau peristiwa banjir ini sekitar pukul 18.30 WIB. Air begitu deras dan telah memasuki rumah warga,” ujarnya kepada Padangkita.com, Jum’at (5/3/2021) malam.

Menurut Aldasman, banjir yang terjadi di malam hari membuat warga sangat cemas. Namun, masyarakat masih tetap bertahan di rumah sambil menyelamatkan peralatan rumah tangga.

Dijelaskan Aldasman, dugaan sementara, banjir disebabkan luapan air Batang Sungai Tapan yang jebol sejak dua tahun lalu.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Hasnul Karim mengatakan, banjir di kampung Binjai sudah kerap terjadi.

Saat curah hujan tinggi, kata Hasnul, luapan air sungai begitu cepat merendam pemukiman warga. Meski demikian, tim BPBD yang berada di bagian daerah selatan itu, bakal berupaya memberikan pertolongan.

“Kita akan segera evakuasi warga, namun dilihat dulu kondisi banjirnya. Tim kita dari BPBD ada enam orang dan sudah menuju ke lokasi. Sejumlah perahu karet juga telah disediakan,” ujarnya.

Baca juga: Rawan Banjir dan Longsor, BPBD Pessel Minta Masyarakat Waspada

Hingga saat ini, data dari BPBD Pessel, belum ada laporan korban dan kerugian materi akibat banjir itu. Namun, keterangan dari BPBD Pessel, mereka akan bergerak cepat untuk melakukan pertolongan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. [nik/zfk]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist