Bina Akhlak dan Tingkatkan Hafalan Alquran, Pemko Pariaman Adakan Pesantren Ramadan

Penulis: Ramono Aryo

Berita Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemko Pariaman menggelar pesantren Ramadan bagi Siswa SD dan SMP

Pariaman, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar pesantren Ramadan bagi Siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pemko berharap kegiatan ini dapat membina akhlak dan meningkatkan hafalan Alquran generasi muda di Kota Pariaman.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman, Kanderi mengatakan pelaksanaan pesantren Ramadan tersebut dilaksanakan di sekolah masing-masing pada minggu kedua dan ketiga bulan puasa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membina akhlak serta meningkatkan hafalan dan baca tulis Alquran siswa di Kota Pariaman,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Rabu (20/4/2021).

”Kegiatan tersebut, dimulai dari pagi hingga pukul 10.00 Wib dan ditutup dengan pelaksanaan salat duha. Pelaksanaannya sekitar dua jam setiap harinya,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdikpora Kota Pariaman, Hertati Taher mengatakan pihaknya memilih pelaksanaan pesantren Ramadan di sekolah dari pada di masjid karena sejumlah pertimbangan.

“Ada siswa yang rumahnya jauh dari masjid, hal itu tentunya akan menambah uang keluar untuk biaya. Satu lagi, mengatur di masjid akan sulit,” ujarnya.

Ia menegaskan pelaksanaan pesantren ramadan tersebut akan tetap menerapkan protokol kesehatan dan membagi kelas bagi pria dan wanita. Senin, Selasa, Rabu untuk siswa wanita atau salehah dan Kamis, Jumat, dan Sabtu untuk siswa pria atau saleh.

Ia menyampaikan meskipun pelaksanaan sampai selesai salat duha namun sejumlah sekolah ada yang mengakhirinya dengan salat Zuhur.

Baca Juga: Baznas Pariaman Serahkan Bantuan Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

”Dengan kegiatan tersebut maka dapat mengisi hari-hari siswa dengan kegiatan yang positif. Dari pada siswa di rumah lebih baik mengikuti kegiatan yang dapat memperbaiki akhlak dan meningkatkan hafalan Alquran,” pungkasnya. [*/abe]


Baca berita Kota Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler