BIM Catat Angka Kedatangan Naik 50 Persen, Didominasi Perjalanan Dinas

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Zulfikar

Berita Padang Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini: Menjelang lebaran, terjadi kenaikan angka kedatangan di BIM, didominasi perjalanan dinas.

Parit Malintang, Padangkita.com – Selama satu pekan terakhir, Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman mencatat peningkatan jumlah kedatangan penumpang sebesar 50 persen.

Jumlah penumpang yang masuk ke Sumatra Barat (Sumbar) selama satu minggu belakangan naik dari 3.000 orang menjadi 3.500 orang, sementara untuk keberangkatan masih normal, berkisar 1.000 hingga 1.200 orang.

“Kenaikan itu sejak tanggal 22 April 2021 khusus untuk kedatangan, untuk keberangkatan masih normal,” ujar Manager of Operation and Services PT AP II BIM, Imamura Ginting kepada awak media, Senin (3/5/2021).

Menurut Imamura, peningkatan itu didominasi perjalanan dinas oleh sejumlah instansi, bukan untuk perjalanan pribadi.

“Tidak banyak untuk perjalanan pulang kampung, termasuk yang membawa anak-anak, lebih banyak ke kepentingan pekerjaan,” jelasnya.

Berdasarkan instruksi dari Satuan Tugas (Satgas) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, kata Imamora, bandara tetap beroperasi, hanya saja persyaratannya diperketat.

“Tidak ada penutupan bandara, bandara tetap beroperasi, seperti pelayanan kargo, orang sakit, itu yang kami terima dari pihak maskapai, meskipun terjadi penurunan drastis permintaan penumpang di BIM,” paparnya.

Dia mengatakan, jam pelayanan di BIM akan tetap dibuka dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB selama masa pengetatan. Normalnya, operasional bandara dibuka pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Baca juga: PT Kimia Farma Pastikan Tes Genose C19 di BIM Tak Gunakan Alat Bekas

“Namun, karena kondisi sedikit sepi bandara di buka pukul 06.00 sampai 20.00 WIB, kemudian karena ada larangan mudik dan permintaan sedikit, operasi dikurangi dari 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB,” katanya. [zfk]


Baca berita Padang Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler