Bertemu Mendikbudristek, Gubernur Mahyeldi Sampaikan Program Peningkatan Mutu Pendidikan  

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah bertemu Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Dalam pertemuan di gedung Kemendikbudristek tersebut, Mahyeldi menyampaikan sejumlah program tentang peningkatan mutu pendidikan di Sumatra Barat (Sumbar), khususnya terkait dengan vokasi sekolah penggerak dan pendidikan karakter.

Gubernur Sumbar mengusulkan delapan kegiatan strategis kepada MenteriNadiem Makarim. Kedelapan usulan tersebut adalah Pembangunan USB (Unit Sekolah Baru) SMA, SMK dan SLB, Pengembangan RKB (Ruang Kelas Baru) SMA, SMK dan SLB, Pembangunan Laboratorium Sekolah dan Pembangunan Agroteknopark Sekolah.

Selain itu juga diusulkan fasilitasi pengadaan guru PNS dan P3K untuk SMA,SMK dan SLB, Pengadaan Teaching Factory dalam mendukung kemandirian SMK, Dukungan pembangunan asrama sekolah dan terakhir, fasilitasi Dana Alokasi Khusus untuk Pembangunan Sarana dan Prasarana Kebudayaan Daerah (Pembangunan Amphiteather).

Dalam pemaparannya kepada menteri, Mahyeldi juga menyampaikan bahwa usulan program ini merupakan bagian penting dari progam unggulan ‘Sumbar Sehat dan Cerdas’. Sumber daya manusia menjadi hal yang sangat penting dalam pembangunan Sumatra Barat, menjadikan keunggulan sumber daya manusia sebagai fondasi pembangunan.

“Kita akan membangun sekolah sesuai dengan potensi daerahnya, kalau daerah itu daerah pertanian, kita bangun sekolah pertanian. Kalau pariwisata, maka kita akan bangun sekolah pariwisata,” ujar Mahyeldi.

Program ‘Sumbar Sehat dan Cerdas’ sendiri akan ditandai dengan beberapa hal, seperti peningkatan pelayanan pengendalian Covid-19, tunjangan khusus untuk tenaga kependidikan di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), pembangunan SMA/SMK baru sesuai potensi daerah dan beberapa indikator lain.

Menteri Nadiem Makarim menyambut baik semua usulan Gubernur Mahyeldi. Nadiem menyatakan mendukung program dan usulan yang disampaikan tersebut.

“Saya siap datang ke Sumatra Barat untuk menyukseskan program tersebut,” tegas Nadiem.

Baca juga: Investasi di Sumbar Makin Menjanjikan, Mahyeldi Dorong Pengembangan Pelabuhan Teluk Bayur

Turut hadir mendampingi gubernur dalam pertemuan tersebut Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kadis Pendidikan Adib AlFikri, Kadis Kebudayaan Gemala Ranti, Kabiro Organisasi Fitriati dan sejumlah pejabat lainnya. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist