Bertemu Dirut PT KAI, Wabup Richi Aprian Minta Aktifkan Kembali Jalur Kereta Api di Tanah Datar

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Wabup Tanah Datar meminta agar PT KAI mengaktifkan kembali jalur kereta api di daerahnya.

Batusangkar, Padangkita.com – Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian bertemu Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Haryanto di kantor JRC PT KAI di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Richi bertemu Didiek bersama lima kepala daerah lainnya di Sumatra Barat (Sumbar). Mereka difasilitasi anggota DPR RI, Andre Rosiade.

Dalam pertemuan itu, Richi meminta agar PT KAI mengaktifkan kembali Kereta Api di Tanah Datar, baik untuk pariwisata, orang dan barang.

Menurut Richi, jika kembali diaktifkan, makan perekonomian masyarakat Sumbar, khususnya di Tanah Datar akan meningkat.

“Kami mendorong agar diaktifkan kembali di Sumbar, termasuk di Kabupaten Tanah Datar yang juga memiliki jalur serta pemanfaatan aset-aset PT KAI yang terbengkalai di Tanah Datar. Ini bertujuan untuk peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat,” ujar Richi saat bertemu Didiek, Senin (24/5/2021).

Para kepala daerah yang bertemu dengan direksi PT KAI itu di antaranya, Wali Kota Bukittinggi, Wali Kota Padang Panjang, Wali Kota Sawahlunto, Wakil Wali Kota Solok, dan Bupati Sijunjung.

Sementara itu, Andre Rosiade mengatakan, bahwa pemanfaatan aset PT KAI perlu didorong, baik untuk pariwisata ataupun logistik.

Baca juga: Fokus Bangun Sumbar, Andre Rosiade Kembali Bawa Para Kepala Daerah ke Jakarta, Kali Ini Temui Dirut PT KAI

“Kami ingin adanya percepatan pembangunan di Sumbar. Kita bekerjasama memanfaatkan aset PT KAI. Selain itu, kita juga punya aset bersejarah yaitu Mak Itam bisa kita hidupkan sebagai kereta wisata yang menghubungkan Sijunjung-Sawahlunto-Solok dan Padang Panjang. Juga pemanfaatan lahan PT KAI yang ada di Kota Solok, Bukittinggi dan Padang Panjang,” katanya. [*/zfk]


Baca berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist