Bersiaplah! Gerhana Bulan Total Terjadi Nanti Malam, Bisa Disaksikan di Langit Sumbar

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) Super Blood Moon akan terjadi nanti malam

Padang, Padangkita.com – Bagi warga Sumatra Barat (Sumbar) yang akan menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) Super Blood Moon, maka bersiaplah. Nanti malam (26/5/2021), fenomena itu akan muncul di langit Sumbar.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Irwan Slamet mengatakan, fenomena langka itu dapat disaksikan dengan mata telanjang atau tanpa bantuan alat optik.

“Fenomena ini menjadi cukup spesial karena bertepatan dengan Hari Raya Waisak tahun 2565,” kata Irwan kepada Padangkita.com beberapa waktu lalu.

Maka jangan lewatkan waktu-waktu berikut ini agar tidak ketinggalan momen untuk menyaksikan fenemena ini:

1. Fase awal panumbra
Fase ini terjadi pada pukul 15.06 WIB. Fase ini hanya dapat disaksikan di wilayah Papua.

2. Fase awal sebagian
Fase ini terjadi pada pukul 16.44 WIB. Fase ini hanya dapat disaksikan di wilayah Indonesia bagian timur, Nusa Tenggara Timur dan Pulau Sulawesi Bagian Timur.

3. Fase awal total
Fase ini akan terjadi pada pukul 18.09 WIB. Fase ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia kecuali di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan sebagian Riau.

4. Fase puncak gerhana
Fase ini akan terjadi pada pukul 18.18 WIB. Fase ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia kecuali di Aceh, Pulau Nias dan sebagian Sumatra Utara.

5. Fase akhir total
Fase ini akan terjadi pada pukul 18.27 WIB. Fase ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

6. Fase akhir sebagian
Fase ini terjadi pada pukul 19.52 WIB. Fase ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

7. Fase akhir panumbra
Fase ini terjadi pada pukul 21.51 WIB. Fase ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

“Fenomena Blood Moon ini hanya terjadi saat fase bulan penuh dan mengalami Gerhana Bulan Total (GBT). Di mana Bumi bergerak diantara Bulan dan Matahari dan berada pada posisi garis lurus. Dan, pada saat Bumi bergerak maka Bulan akan tertelan bayangan bumi,” jelas Irwan.

Baca Juga: Siap-siap, Gerhana Bulan Total Bisa Diamati di Sumbar, Ini Waktunya

“Bulan akan tampak merah karena pembiasan cahaya Matahari oleh atmosfer Bumi, fenomena Super Blood Moon ini adalah akibat dari gelombang cahaya panjang yang datang dari Bumi inilah yang membuat Bulan tampak merah,” ulasnya. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler