Bermula dari Bangunan Kayu, Masjid Taqwa Jorong Turawan Kembali Dibangun Baru

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Masjid Taqwa Jorong Turawan, Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan bakal dirobohkan dan dibangun baru.

Tokoh masyarakat setempat, Suherman Saleh Dt. Majo Sati, di awal berdiri, Masjid Taqwa ini berupa bangunan kayu, yang kemudian dibangun dan dirombak sebanyak 3 kali.

“Alhamdulillah, ada donatur yakni Yayasan Ombilin Nur bakal membangun baru masjid kita sampai selesai, agar semakin representatif dan nyaman dimanfaatkan,” ujarnya saat peletakan batu pertama pembangunan masjid, Minggu (14/11/2021).

Ia menambahkan, masyarakat Turawan sangat antusias dan mendukung rencana pembangunan masjid yang diperkirakan selesai 1,5 tahun ke depan.

“Berkat dukungan kita semua rencana ini bisa kita laksanakan. Insya Allah, amal ibadah donatur juga masyarakat semenjak awal dibangun dulu, akan terus mengalir selama masjid dimanfaatkan untuk ibadah kepada Allah SWT,” tukas Suherman.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi dan kekompakan antara perantau dengan masyarakat di kampung halaman.

“Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kegiatan seperti hari ini, karena turut membantu pemerintah terutama menyukseskan visi dan misi Tanah Datar,” ujar Eka.

Namun tentunya, tambah Eka Putra, ke depan masjid yang megah ini nantinya juga akan dipenuhi jemaah untuk beribadah.

“Mari memakmurkan masjid ini dengan kegiatan ibadah, majelis taklim, remaja masjid, perpustakaan masjid, pembinaan ibadah dan memeriahkan hari besar Islam. Dan juga pembinaan hafiz atau hafizah,” tutur Eka.

Khusus untuk hafiz, tambah Eka, sesuai dengan salah satu program unggulan satu rumah satu hafiz/hafizah.

Baca juga: Tari Piring 9 Ribu Peserta di Festival Pesona Minangkabau Pecahkan Rekor MURI

“Insya Allah, program ini kita dorong terus sehingga nantinya tercipta masyarakat Tanah Datar yang lebih gemar membaca Al Qur’an dan mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta masyarakat sejahtera,” pungkas Eka. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist