Berikut Daftar Kekayaan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Siapa Paling Tajir?

Penulis: MF Zikri

Berita Pilkada Sumbar dan berita Sumbar terbaru: Daftar kekayaan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, siapa paling tajir?

Padang, Padangkita.com -Empat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) dalam pemilihan gubernur 2020 telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada 4 hingga 6 September 2020 lalu.

Keempat paslon itu adalah, Nasrul Abit-Indra Catri, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy, Fakhrizal-Genius Umar dan Mulyadi-Ali Mukhni. Keempat paslon ini juga telah mendaftarkan jumlah harta kekayaan mereka ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Berdasarkan undang-undang dan peraturan KPU itu (mengirim daftar kekayaan ke KPK) wajib,” kata Komisioner KPU Sumbar Izwaryani kepada Padangkita.com melalui sambungan telepon, Kamis (10/9/2020).

Saat ini KPU Sumbar, kata dia, telah menerima surat keterangan dari setiap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur bahwa mereka telah mengirim daftar kekayaan ke KPK.

“Untuk semua kita ketahui sudah terdaftar, tapi kita tidak ada rinciannya, rinciannya di KPK,” jelas Izwaryani.

Berdasarkan laporan yang diumumkan KPK di laman elhkpn.kpk.go.id, calon yang memiliki harta kekayaan paling tinggi adalah Audy Joinaldy, merupakan calon wakil gubernur Sumbar yang berpasangan dengan Mahyeldi Ansharullah.

Baca Juga: Semua Paslon Pilkada Sumbar Ikuti Pemeriksaan Kesehatan di RSUP M Djamil

Dalam laman itu, tercatat kekayaannya Audy Joinaldy mencapai Rp58,11 miliar. Calon wagub dari koalisi PKS dan PPP tersebut memiliki beberapa harta tak bergerak seperti tanah dan bangunan senilai Rp48,65 miliar.

Kemudian, Audy juga memiliki kekayaan berupa kendaraan roda empat merek BMW 318 tahun 2014, BMW X4 2016, dan Toyota Fortuner 2016 dengan total nilai mencapai Rp1,05 miliar. Selain itu, dia juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp105 juta, kas setara Rp1,705 miliar, dan harta lainnya Rp6,60 miliar.

Sementara Mahyeldi memiliki total kekayaan mencapai Rp3,35 miliar dengan harta tak bergerak seperti tanah dan bangunan yang tersebar di Kota Padang senilai Rp2,47 miliar.

Selain itu, dia juga memiliki kendaraan berupa mobil Kijang Innova, motor Honda Beat, dan motor Honda X1B02N040 A/T dengan total nilai Rp167 juta. Mahyeldi juga memiliki harta kekayaan lain senilai Rp798 juta, kas dan setara kas Rp317 juta, serta harta lainnya Rp25 juta. Wali Kota Padang tersebut juga memiliki utang sebanyak Rp403 juta.

Lalu, Mulyadi memiliki harta kekayaan mencapai Rp44,05 miliar dengan harta tak bergerak seperti tanah dan bangunan mencapai Rp13,39 miliar. Dia juga memiliki mobil Toyota Avanza, Toyota Fortuner, Toyota Land Cruiser Jeep, Toyota Alphard dengan nilai Rp1,61 miliar.

Mulyadi juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp701 juta, surat berharga Rp1 miliar, kas dan setara kas Rp22,36 miliar dan harta lainnya Rp5 miliar. Ia juga memiliki utang sebesar Rp19 juta. Dengan kekayaan itu, menempatkan ia memiliki kekayaan paling banyak ke dua setelah Audy.

Ali Mukhni, pasangan dari Mulyadi, memiliki total harta kekayaan mencapai Rp5,37 miliar. Dia memiliki kekayaan tak bergerak dengan nilai Rp4,6 miliar dan kendaraan seperti mobil Honda Freed, Nissan Terrano mencapai nilai Rp215 juta dan harta bergerak lainnya Rp448 juta. Kemudian kas dan setara kas Rp107 juta.

Calon Gubernur Sumbar yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit memiliki kekayaan senilai Rp8,311 miliar dengan total kekayaan tak bergerak mencapai Rp7,925 miliar. Dia juga memiliki kendaraan Toyota Fortuner senilai Rp 320 juta dan harta bergerak lainnya Rp89 juta, lalu kas dan setara kas Rp132 juta. Selain itu, Ia juga memiliki utang senilai Rp155 juta.

Indra Catri yang saat ini masih menjabat Bupati Agam memiliki kekayaan dengan nilai Rp2,931 miliar dengan total kekayaan tak bergerak mencapai Rp2,95 miliar. Dia juga memiliki kendaraan senilai Rp470 juta, yakni VW Combi Minibus 1975, VW Combi Minibus 1973, Toyota Avanza, dan Kijang Innova. Sementara harta bergerak lainnya senilai Rp60 juta, kas setara kas Rp95 juta. Dan Ia juga memiliki utang Rp643 juta.

Fakhrizal, mantan Kapolda Sumbar memiliki total kekayaan mencapai Rp5,706 miliar. Kekayaan tak bergeraknya senilai Rp4,1 miliar dan kendaraan senilai Rp350 juta yang terdiri dari Toyota Kijang Innova dan Toyota Harrier Jeep.

Selain itu, Fakhrizal juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp147 juta, kas dan setara kas Rp726 juta, harta lainnya Rp302 juta.

Sedangkan wakilnya, Genius Umar yang saat ini Wali Kota Pariaman memiliki kekayaan total Rp6,449 miliar. Kekayaan tak bergeraknya mencapai Rp6,169 miliar. Ia juga memiliki alat transportasi dan mesin senilai Rp307 miliar yang terdiri dari Toyota Fortuner, Honda Sepeda Motor dan harta bergerak lainnya senilai Rp112 juta. Ia memiliki kas dan setara kas senilai Rp351 juta dan hutang Rp490 juta. [mfz/pkt]


Baca berita Pilkada Sumbar terbaru dan Berita Sumbar hanya di Padangkita.com.