Berdialog dengan Kelompok Tani se-Sawahlunto, Andre Rosiade Tunjukkan Komitmen Bantu Masyarakat

Penulis: Redaksi

Sawahlunto, Padangkita.com – Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade berdialog dengan kelompok tani (Keltan) se-Kota Sawahlunto, Selasa (4/10/2022).

Dalam pertemuan di Desa Kumbayau, Kecamatan Talawi itu, Andre datang bersama Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu, Ketua DPC Gerindra Sawahlunto Darson Irianto, Kades Kumbayau Ali Amran dan pengurus DPD Gerindra Sumbar dan DPC Gerindra Sawahlunto.

Acara yang bertajuk ‘Sosialisasi dan silaturahmi dengan kelompok tani Sawahlunto di Desa Kumbayau, Kecamatan Talawi’ itu dihadiri ratusan orang dari berbagai Keltan di Kota Sawahlunto.

Mereka berharap, Andre Rosiade terus bekerja untuk masyarakat Sawahlunto yang merupakan satu dari 11 kota/kabupaten di daerah pemilihannya. Terutama membantu petani dan pekerja tambang.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Sawahlunto Darson Irianto mengatakan, Partai Gerindra di Sawahlunto memang tidak sebesar di daerah lain di Sumbar. Karena pada Pemilu tahun 2009 hanya satu anggota dewan di DPRD Sawahlunto, tahun 2014 kosong dan pada Pileg 2019 kembali hanya satu orang.

“Saat ini kami di DPC Gerindra Sawahlunto baru menerima SK delapan bulan dan akan terus bekerja keras untuk sosialisasi Partai Gerindra. Sesuai arahan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade, kita akan terus turun ke masyarakat. Akan terus bekerja keras sampai Gerindra paling besar dan menang,” katanya.

Darson Irianto mengaku iri dengan Kota dan Kabupaten lain di Sumbar yang pada 2019 Gerindra menang.

“Kami kumpulkan tokoh-tokoh Talawi bergabung dan memenangkan Prabowo sebagai Presiden dan Gerindra menang Pileg 2024. Juga Pak Andre Rosiade menjadi Gubernur Sumbar,” ujarnya.

Darson mengaku sangat bangga dengan Andre Rosiade yang menjadi anggota DPR RI di Senayan. Karena sangat banyak berbuat untuk Sumbar.

“Kami akan terus membesarkan Partai Gerindra di Sawahlunto. Termasuk hari ini bersama dari dan kelompok tani se-Kota Sawahlunto. Kami kumpulkan dukungan dari petani, peternak dan lainnya dari Kecamatan Talawi dan Kecamatan Barangin. Semoga pak Prabowo Presiden dan Andre Rosiade Gubernur,” ungkapnya.

Kepala Desa Kumbayau Ali Amran mengucapkan selamat datang kepada Andre Rosiade di Kumbayau yang penduduknya 1.700 dengan 200 kepala keluarga (KK).

“Kehidupan masyarakat kami adalah masyarakat petani. Laki-laki bekerja di tambang dan di sawah. Kami tingkat penganggurannya sedikit. Karena adanya perusahaan tambang di Sawahlunto,” tuturnya.

Ali Amran menyebutkan, sangat yakin kelompok tani yang hadir adalah yang aktif. Tidak hanya dari Kumbayau, tapi juga kecamatan lainnya.

“Tujuan Keltan untuk mengembangkan ekonomi dan UMKM. Semoga pak Andre Rosiade bisa membantu Keltan di Sawahlunto. Kami minta pak Andre terus memperhatikan desa kami. Kami sangat bangga dengan kunjungan ini. Kami semakin yakin punya wakil rakyat di DPR,” ujarnya.

Andre Rosiade menyebutkan, ada 11 kota dan kabupaten yang dia wakili. Andre mengatakan, sudah cukup banyak berbuat untuk Sawahlunto. Seperti perbaikan Pasar Silungkang, bantuan untuk Nagari Silungkang, bantuan KONI Sawahlunto, bantuan masjid dan musala serta sekolah Islam.

“Kami sampaikan, pada Desember 2022 ini ‘Mak Itam’ akan berjalan kembali dengan dana Rp25 miliar dari pusat. Ini adalah salah satu upaya kami menghidupkan kembali perkeretaapian Sumbar. Kami juga membantu memfasilitasi Wako Deri Asta bertemu dengan menteri BUMN, Menteri Pariwisata dan Menteri Kesehatan untuk mempercepat pembangunan Sawahlunto,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre mengatakan, Sawahlunto punya potensi. Terutama pariwisata. Tapi kendala utama adalah akses jalan yang sulit.

“Tentu harus ada terobosan. Akses jalan lintas dari Padang yang susah. Termasuk jalan lintas dari Batusangkar. Kalau kami jadi Gubernur hal ini akan kami prioritaskan,” kata Andre.

Para pengurus Keltan, kata Andre Rosiade, jangan ragu untuk menghubunginya dalam upaya meningkatkan perekonomian petani.

Baca juga: Buka Kejurnas FORKI, Hadi Tjahjanto dan Andre Rosiade Sampaikan Duka Cita untuk Tragedi Kanjuruhan

“Kami siap membantu para petani di Sawahlunto dalam pengembangan pertanian. Meski kami di Komisi VI, Insya Allah cukup banyak berbuat untuk petani,” kata Andre yang terus mendapatkan teriakan dukungan dari anggota Keltan yang hadir. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist