Berbekal CCTV, Pencuri di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP Berhasil Diringkus 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pelaku pencurian di ruangan Wakil Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (UNP) pada Jumat (12/1/2023) lalu akhirnya berhasil ditangkap.

Pelaku pencurian yang terekam CCTV tersebut berhasil diungkap dan diamankan oleh Tim Aligator Unit Reskrim Polsek Padang Utara, Polresta Padang pada Sabtu (14/1/2023) sore.

Penangkapan pelaku yang menyamar menjadi seorang mahasiswi dan menggunakan masker tersebut diunggah langsung akun Instagram resmi Polresta Padang.

“Dalam waktu 3×24 jam, sejak pertama kali menerima laporan dari pihak kampus UNP, Tim Aligator langsung merayap mencari jejak pelaku yang sudah diidentifikasi melalui CCTV yang merekam aksinya.” tulis akun Polresta Padang

Kapolsek Padang Utara, AKP Maswanda mengungkapkan penangkapan berawal saat petugas mendapatkan informasi bahwa pelaku sedang berada di jalan Paus, Ulak Karang namun karena suatu kendala, akhirnya petugas kehilangan jejak pelaku

“Saat mendapatkan informasi, anggota kami langsung menuju lokasi tersebut, namun kami menemukan kendala dan kehilangan jejak pelaku.” terang Kapolsek, Minggu (15/1/2023).

Kapolsek menambahkan, setengah jam kemudian petugas kembali mendapatkan informasi keberadaan pelaku namun posisinya sudah berbeda yaitu di kawasan Anduring, Kuranji, Padang.

“Tim Aligator segera menuju lokasi tersebut dan akhirnya mendapati pelaku tengah berada di rumah di Jalan M Yunus Surau Balai, Kelurahan Anduring, Kuranji, Padang.” sambungnya.

Petugas kemudian menggalang keluarga dari pelaku untuk mengantarkan pelaku ke Kantor Polsek Padang Utara.

“Akhirnya suami pelaku berinisiatif untuk mengantarkan sendiri istrinya ke kantor Polsek Padang Utara untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” terang Kapolsek.

Saat dilakukan interogasi pelaku mengakui sudah melakukan aksi pencurian sebanyak 2 (dua) kali, pertama di bulan Desember 2022 lalu dan kedua 12 Januari 2023 kemaren.

“Pelaku mengakui membuang perangkat elektronik yang didapatnya ke dalam sebuah sumur di Musala Baitul Taqwa Surau Balai Kelurahan Anduring Kota Padang.” sambungnya.

Saat ini terduga pelaku sedang menjalani pemeriksaan di Unit Reskrim Polsek Padang Utara untuk mempertanggung jawab perbuatan pelaku sesuai hukum yang berlaku.

Sementara itu, Wakil Dekan I Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, Yulian menyampaikan rasa terima kasih karena dalam waktu 2 x 24 jam, pelaku pencurian di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP berhasil diungkapkan dan ditangkap.

“Kita mengapresiasi Polsek Padang Utara karena pelaku yang melakukan pencurian terhadap barang berharga saya berhasil ditemukan dan saat ini telah diproses,” ungkapnya.

Sebelumnya aksi pencurian di lingkungan kampus di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (12/1/2023) terekam CCTV dan viral di sejumlah media sosial.

Dalam rekaman tersebut pelaku tengah menyamar layaknya mahasiswi yang tengah berpura-pura tengah menelpon, sambil memasuki Fakultas Pariwisata.

Saat memasuk, pelaku berkali-kali mondar mandir pindah duduk sembari mengintai ruang Wakil Dekan yang tengah terbuka.

Baca JugaKembali Aksi Pencurian Terekam CCTV di UNP, Pelaku Nyamar Jadi Mahasiswi

Setelah situasi sepi, pelaku masuk ke dalam ruangan tersebut dan melancarkan aksinya. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist