Bank Nagari Painan Sediakan Uang Rp30 Miliar di ATM, Antisipasi Lonjakan Transaksi Ramadan Hingga Lebaran 

Penulis: Isran Bastian

Painan, PadangKita.com – Bank Nagari Cabang Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menyediakan uang tunai senilai Rp30 miliar, yang bakal distandbykan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) selama bulan Ramadhan hingga libur lebaran 2022.

Pimpinan Cabang (Pinca) Bank Nagari Painan, Helfi Yanrika mengatakan, jumlah tersebut untuk mengantisipasi lonjakan penarikan uang dari masyarakat yang  puncak transaksi tunai diprediksi akan terjadi pada dua pekan terakhir menjelang libur lebaran, yang merupakan periode pembayaran gaji dan THR.

“Berdasarkan historis, kami perkirakan puncak transaksi di mesin ATM adalah pada periode dua Minggu jelang lebaran. Untuk mengantisipasi kondisi itu, kami juga telah memberlakukan kebijakan optimalisasi limit pengisian ATM,” ujarnya.

Elfi menyebutkan, saat ini Bank Nagari mengoperasikan 13 ATM di Kecamatan Tarusan hingga Kecamatan Lengayang. Sering itu, bank pelat merah itu juga akan terus mengimbau nasabah untuk meningkatkan pemanfaatan jaringan elektronik lainnya seperti layanan mobile banking.

“Saat ini, hampir seluruh transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara banking pada smartphone nasabah,” tuturnya.

Lanjut Elfi mengatakan, untuk mengoptimalkan itu, selama bulan Ramadhan hingga libur lebaran, pihaknya menyiagakan petugas bank untuk mengisi uang ke dalam ATM. Hal ini agar tidak terjadi kekosongan uang tunai di ATM sehingga tidak mengganggu pelayanan transaksi tunai.

ATM Bank Nagari selama libur lebaran terus dipantau. Apabila jumlah uang yang ada di mesin ATM sudah kurang akan diberitahukan sistem. Setelah pemberitahuan itu, petugas akan langsung melakukan pengisian ke pada ATM itu, sehingga tidak terjadi kekosongan.

Baca Juga: Saran UAS Soal Konversi Bank Nagari, Semua ASN Pemprov Pindah ke Rekening Syariah

“Jadi, para nasabah Bank Nagari, tidak perlu khawatir uang akan habis di ATM selama libur lebaran. Kami sudah antisipasi hal itu. Namun, dengan skema tersebut maka ketersedian uang akan selalu ada, tapi kalau soal jaringan bermasalah itu di luar kemampuan kami di cabang,” ujarnya lagi. [amn/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist