Banjir Kota Bukittinggi, Sejumlah Warga Harus Dievakuasi dengan Perahu Karet

Bukittinggi, Padangkita.com – Sejumlah kawasan di Kota Bukittinggi digenangi banjir akibat meluapnya drainase yang dipicu oleh hujan deras sejak Selasa (1/2/2022) sore hingga menjelang malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi, Ibentaro Samudera mengatakan, berdasarkan data pukul 19.00 WIB, ada empat titik di Kota Bukittinggi yang digenangi air.

Empat titik tersebut yaitu, di kawasan Jembes, Kelurahan Tarok Dipo, Kecamatan Guguak Panjang.

“Di sini, kedalaman air mencapai selutut orang dewasa. Lima unit rumah semi permanen pun dilaporkan terdampak,” ujarnya.

Lalu, di belakang RRI, Kelurahan Aur Kuning, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Di kawasan ini, air mencapai setinggi betis orang. Satu unit rumah berisi tiga kepala keluarga (KK) terdampak.

Kemudian, di Jalan Sudirman Kelurahan Birugo Puhun, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Ada tiga unit rumah berisi 3 KK atau 15 jiwa terdampak. Selanjutnya, di Kelurahan Pulai Anak Air, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Ada 20 KK yang terdampak.

Atas bencana ini, BPBD pun mengevakuasi warga dengan perahu karet terutama anak-anak dan orang tua di daerah Anak Air.

Baca juga: Dipulangkan ke Bukittinggi, Jenazah DJ Cleo Dimakamkan di Sisi Pusara Sang Ayah

“BPBD juga melakukan pembersihan drainase yang tersumbat dan melakukan penyedotan rumah warga yang terendam,” jelas Ibentaro. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist