Banjir di Lembah Gumanti Solok: Air Bersih Terputus dan Jembatan Rusak

Arosuka, Padangkita.com – Banjir dilaporkan menerjang Jorong Data, Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (8/1/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Solok, Armen mengatakan, banjir dipicu oleh meluapnya Sungai Air Dingin dan Sungai Batang Hari akibat hujan deras yang melanda daerah itu sejak siang tadi.

Dia menuturkan, banjir sempat mencapai ketinggian lima meter. Namun, setelah hujan berhenti, ketinggian banjir saat ini sudah surut.

Banjir dilaporkan sempat merendam 21 rumah, dengan jumlah warga terdampak sebanyak 88 jiwa. Banjir juga mengakibatkan 1 unit masjid ikut terdampak, 3 unit rumah rusak ringan, aliran air bersih terputus, dan 1 unit jembatan rusak ringan.

Selain itu, banjir juga sempat mengganggu akses Jalan Raya Nasional mulai pukul 17.00 WIB sebelum akhirnya bisa dilalui sekitar pukul 20.30 WIB.

“Untuk saat ini bahwa hujan sudah berhenti, dan air sudah susut, sehingga jalan sudah bisa dilewati sejak kira-kira 20.30 WIB tadi,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com sekitar pukul 22.00 WIB.

Atas kejadian tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pendataan.

“Pemulihan dini, TRC BPBD Kabupaten Solok bersama dengan Damkar serta masyarakat setempat membersihkan material lumpur akibat banjir,” jelas Armen.

Baca Juga: Duta Besar Palestina Temui Gubernur Sumbar Mahyeldi, Jajaki Kerja Sama Sister Province

Dia menerangkan, sampai saat ini pihaknya belum ada menerima laporan pengungsian oleh warga akibat banjir itu. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist