Bangun Kesadaran akan Bencana, Pemko Padang Gelar Simulasi Kebencanaan

Penulis: Ramono Aryo
Walikota Padang bersama kepala BPBD Kota Padang. (Foto: Humas)

PadangKita – Pemerintah Kota Padang akan menggelar simulasi bencana pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) pada 26 April mendatang. Acara ini bertujuan membangun kesadaran, kewaspadaan dan keselamatan dalam menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarulla menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan simulasi tersebut. Ia menjelaskan, simulasi bencana dilaksanakan untuk membiasakan dan menjadikan masyarakat Kota Padang lebih siaga lagi terhadap bencana yang tidak diharapkan.

“Dengan simulasi bencana, diharapkan masyarakat lebih terlatih dan terbiasa dalam kesiapsiagaan bencana,” katanya pada rapat koordinasi persiapan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional di Palanta Kota Padang, Senin (17/4/2017) kemarin.

Walikota menjelaskan kegiatan simulasi bencana yang akan dilaksanakan hampir mirip saat bencana terjadi. Dan acara ini akan dihadiri oleh Kepala BNPB Nasional.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Padang, Edi Hasymi menjelaskan, simulasi bencana dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional di Kota Padang ditargetkan akan diikuti oleh 100 ribu orang, yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan warga Kota Padang, seperti dilansir dari laman facebook resmi pemko Padang.

“Kita berharap, simulasi bencana ini menjadi sebuah cara untuk menyadarkan diri kita semua bahwa kita berada di daerah rawan bencana,” tutur Edi.

Adapun rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional sebagai berikut; Fun Run (22 April), Pawai Kesiapsiagaan (25 April), dan aktivasi sirine atau tanda peringatan dini lainnya, latihan evakuasi mandiri, dan uji shelter atau tempat evakuasi (26 April).

Terpopuler

Add New Playlist