Balai Karantina Sebut Pembukaan Penerbangan Internasional Bisa Tingkatkan Ekspor Pertanian Sumbar

Padang, Padangkita.com – Balai Karantina Pertanian Padang mendukung pembukaan kembali penerbangan internasional di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Kepala Balai Karantina Pertanian Padang, Iswan Haryanto mengatakan, pembukaan penerbangan internasional tersebut dapat meningkatkan volume ekspor komoditas pertanian Sumatra Barat (Sumbar).

“Pembukaan ini pasti berpengaruh. Soalnya yang menyebabkan ekspor itu sulit dilakukan kan karena tidak adanya transportasi dari sini ke negara tujuan,” ujarnya saat berbincang dengan Padangkita.com, Jumat (30/9/2022).

Pihaknya siap memfasilitasi penerbitan dan sertifikasi ekspor tersebut. Pihaknya juga akan menyiapkan petugas di bandara untuk memeriksa komoditas pertanian yang diekspor ataupun yang diimpor.

“Semuanya akan dilakukan pengawasan. Kita akan memastikan semua barang ekspor pertanian benar-benar sesuai standar,” jelasnya.

“Kita berharap setelah penerbangan internasional ini kembali dibuka, maka keran ekspor Sumbar bisa meningkat,” ungkap Iswan.

Sebagai informasi, penerbangan internasional di BIM dibuka pada 1 Oktober 2022 setelah dua tahun sempat ditutup akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Segera Dibuka, Penerbangan Internasional  di BIM Tinggal Soal Administrasi

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Cabang BIM, Siswanto mengatakan, kementerian terkait telah menyetujui dibukanya kembali penerbangan internasional tersebut. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist