Bahas Kelanjutan Pembangunan Pelabuhan Panasahan, Bupati Rusma Datangi Kementerian Perhubungan

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar datangi Kementerian Perhubungan untuk kelanjutan pembangunan pelabuhan Panasahan.

Painan, Padangkita.com – Bupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar dan Kepala Dinas Perhubungan, Gunawan mendatangi kantor Kementerian Perhubungan untuk membahas kelanjutan pembangunan Pelabuhan Panasahan di Painan, Jumat (30/4/2021).

Kedatangan Rusma dan Gunawan itu disambut Dirjen Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo.

“Benar saya baru saja bertemu dengan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus Purnomo,” ujar Rusma, Jumat (30/4/2021).

Menurut Rusma, pertemuan dengan Agus Purnomo itu membahas rencana pembangunan Pelabuhan Panasahan Painan (Dermaga II) yang pembangunannya terhenti sejak tahun 2017.

Dalam pertemuan tersebut, Rumsa berharap pemerintah pusat melalui Kementerian perhubungan mengalokasikan dana untuk kelanjutan pembangunan Pelabuhan Panasahan Painan (Dermaga II).

Saat ini, jelas Rusma, Pemkab Pessel juga sudah mempersiapkan dokumen yang diperlukan, antara lain, Rencana Induk Pelabuhan (RIP), Detail Engineering Design (DED), dokumen Amdal dan pembebasan lahan.

“Alhamdulillah kedua usulan tersebut mendapat respon positif dari pak dirjen dan beberapa masukan yang sangat berharga untuk pengembangan pelabuhan di masa mendatang,” ucap Rusma.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pessel, Gunawan mengatakan, bahwa hal itu akan segera ditindaklanjuti dengan menganalisis potensi kargo yang akan dilayani, baik komoditi pertanian, perkebunan (CPO), pertambangan (Batubara, dan galian C).

“Data ini sangat penting untuk kelayakan bisnis pelabuhan dan bersama Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) kami akan menuntaskan pembebasan lahan dalam bentuk sertifikat, baik wilayah darat maupun wilayah laut,” ujar Gunawan.

Lalu, terkait usulan pembangunan dermaga pariwisata di kawasaan KWBT Mandeh sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN), Dinas Perhubungan dan Perkimtan juga sudah menindaklanjutinya.

Bahkan, Gunawan mengeklaim, untuk kawan Mandeh, dokumen Masterplan dan pengelolaan lingkungan hidup sudah dilengkapi.

Baca juga: Pessel Kembangkan Pelabuhan Panasahan untuk Ekspor

“Mudah-mudahan dengan dilengkapi persyaratan tersebut usulan kedua kegiatan itu dijadikan kegiatan prioritas oleh Kementerian Perhubungan,” kata Gunawan. [nik/zfk]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler