Bagi yang Mudik Pakai Bus dari Jakarta, Ini Pilihan 7 Terminal yang Disiapkan

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Bagi yang akan mudik Lebaran 2022 menggunakan bus dari Jakarta, telah disiapkan sejumlah terminal.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Syafrin Liputo menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan tujuh terminal di Jakarta pada masa mudik Lebaran tahun 2022.

Terminal tersebut yakni empat terminal utama (Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres, Tanjung Priok) dan tiga terminal tambahan (Lebak Bulus, Grogol, dan Muara Angke).

Ia menjelaskan, sejak 5 April 2022 lalu telah melakukan ramp check terhadap armada bus, baik yang ada di terminal-terminal bus maupun yang ada di pool bus. Selain itu, juga telah dilakukan pemeriksaan terhadap kesehatan awak bus.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan program mudik gratis, sebanyak 492 bus dan 31 truk untuk mengangkut sepeda motor.

Sedangkan Keementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah menyiapkan 700 bus yang akan mengangkut pemudik sekitar 21.000 penumpang dari Jakarta ke 24 kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Selain itu, Kemenhub telah menyiapkan 70 truk yang akan mengangkut sebanyak 2.200 sepeda motor pemudik.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, berdasarkan hasil survei Balitbanghub, sektor darat menjadi yang paling krusial untuk ditangani.

Dari total prediksi 85,5 juta orang yang akan melakukan perjalanan di masa mudik, 47 persen di antaranya akan menggunakan jalur darat baik itu kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) maupun bus.

Baca juga: 85,5 Juta Orang Sesaki Mudik Lebaran 2022, Merak-Bakauheni Jadi Titik Terpadat 

Diperkirakan, pemudik yang berangkat dari Jabodetabek sekitar 14,3 juta orang dan jumlah pemudik meningkat sekitar 45 persen dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist