Atasi Monopoli Harga Sawit di Pessel, Pabrik Lunang Dibangun

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com – Pabrik pengolahan kelapa sawit akan dibangun di Lunang Silaut, Pesisir Selatan (Pessel). Terkait hal itu, Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni, meminta segenap komponen masyarakat mendukung rencana tersebut.

“Kita harus mendukung investor yang sungguh-sungguh ingin berusaha di daerah ini, karena mencari investor serius untuk berinvestasi itu susah,” kata bupati pada pembukaan sosialisasi pembangunan pabrik kelapa sawit, dampak lingkungan yang ditimbulkan dan fasilitasi batas wilayah nagari di Painan, Jumat (3/1/2020).

Baca Juga

“Selama ini banyak investor yang menyatakan minatnya untuk berinvestasi, tapi tidak kunjung terealisasi. Sekarang mereka serius, maka pantas untuk kita dukung,” kata bupati.

Pemerintah tidak ingin rencana pembangunan pabrik pengolahan sawit gagal karena tidak didukung masyarakat, atau karena hal-hal kecil yang tidak patut dipersoalkan.

Untuk memacu kemajuan suatu daerah, lanjut Bupati, diperlukan investasi dari pihak swasta, karena dana pemerintah terbatas.

Baca juga: Di Padang, Ada Tempat Karaoke yang Gelar Salat Berjamah dan Ceramah Sebelum Beroperasi

Ia menegaskan, keberadaan pabrik sawit di Lunang, akan meningkatkan harga jual sawit petani. Selama ini harga sawit cenderung dimonopoli satu perusahaan yang punya pabrik, sehingga mereka bisa menekan harga kepada petani.

Selain itu, kehadiran pabrik dapat menyerap tenaga kerja yang ada di daerah sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdakab Pessel, Darmadi, menyampaikan, sosialisasi itu diikuti 85 peserta, terdiri dari wali nagari dan tokoh masyarakat Kecamatan Lunang.

Sosialisasi yang berlangsung satu hari itu, juga diikuti oleh sejumlah kepala dinas dan sejumlah kepala bagian. (*/pk-01)


Ikuti info dan berita Pesisir Selatan terkini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler