ASN Suami-Istri di Pasbar Positif Covid-19, Izin Dinas Luar Daerah dan Acara Keramaian Dikaji Ulang

Penulis: MF Zikri

Simpang Empat, Padangkita.com – Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kini tak lagi zero kasus Covid-19, setelah dua orang aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dikonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab.

Kedua ASN Pasbar yang positif Covid-19 itu berinisial SP yang bertugas di Bagian Pemerintah Nagari (Pemnag) Sekretariat Daerah (Setda) Pasbar dan CBR berdinas di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) .

Dari hasil tracing tim Gugus Tugas Covid-19 Pasbar, keduanya yang meerupakan suami istri, diketahui melakukan perjalanan ke Provinsi Aceh. Mereka melakukan perjalanan dari Lhokseumawe, Aceh ke Medan, Sumatra Utara (Sumut) menggunakan bus pada tanggal 2 Agustus 2020. Kemudian, dari Medan ke Padang mereka naik pesawat pada tanggal yang sama.

“Hasil pemeriksaan swab dari Labor Unand Padang menyatakan keduanya positif Covid-19. Dan hari ini juga rencananya akan kita evakuasi ke Padang,” kata Bupati Pasbar Yulianto kepada wartawan, Jumat (7/8/2020) sore.

Yulianto menjelaskan, tim Gugus Tugas Covid-19 telah melakukan screening dan tracking terhadap keluarga dan rekan kerjanya sebagai langkah pencegahan awal.

Baca juga: Sejumlah Karyawan Bank, ASN, Polisi dan TNI Positif Covid-19, Empat Daerah di Sumbar Tambah Kasus Baru

“Sudah ada sebanyak 90 orang yang dinyatakan kontak dengan beliau, besok akan dilakukan swab dan kita anjurkan untuk isolasi mandiri,” Ujar Yulianto.

Baca juga: Perpustakaan Nagari Sasak Pasaman Barat Masuk Nominasi Lomba Tingkat Nasional

Lebih lanjut Yulianto memerintahkan, semua pegawai di lingkungan Bagian Pemnag dan Bappeda akan dilakukan tes swab massal pada Sabtu (8/8/2020) besok.

Baca juga: TPA Sampah Muara Kiawai Bermasalah, Lahan Diklaim Masyarakat dan Pengelolaan Tak Jelas

Dia menambahkan, akan membahas soal perjalanan dinas luar bagi pegawai di Pemkab Pasbar. Yulianto mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: Dua Pengedar Diringkus di Jalinsum Padang-Medan Ketika Mengangkut Sekarung Ganja

“Tetap ikuti protokol Covid-19. Ke depan untuk kegiatan keramaian akan kita kaji ulang kembali.” [rom/pkt]


Baca berita Pasaman Barat terbaru hanya di Padangkita.com