Artis Berdarah Minang yang Terseret Kasus Doni Salmanan, 2 di Antaranya Soal Pernikahan! 

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Kasus Doni Salmanan menjerat sejumlah publik figur di Indonesia. Doni Salmanan ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus judi online berkedok trading binary option melalui platform Quotex.

UU Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dalam beleid pasal tersebut, Doni Salmanan terancam hukuman pidana maksimal 20 tahun penjara. Hingga kini, Doni Salmanan telah mendekam di Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Selain artis Reza Arab yang mendapat saweran uang panas Doni senilai Rp1 miliar, sejumlah artis lain turut terseret, tiga diantaranya merupakan artis berdarah Minangkabau (Minang).

Berikut Tiga Artis Berdarah Minang Turut Terseret Kasus Doni Salmanan:

1. Arief Muhammad 

Public figure Arief Muhammad salah satu artis berdarah Minang yang ikut terseret kasus Quotex Doni Salmanan. Penulis buku ‘Pocong Juga Pocong’ Ini ikut diperiksa terkait kasus dengan tersangka Doni Salmanan.

Arief Muhammad merupakan anak dari pasangan Iskandar Yakoeb (ayah) dan Roslainar (ibu) ini telah memenuhi panggilan Bareskrim Polri, Kamis (17/3/2022) lalu. Dia tiba di gedung Bareskrim Polri pada pukul 10.01 WIB mengenakan kemeja hitam. Dia menjelaskan kedatangannya hari itu untuk membantu proses penyidikan kasus Doni Salmanan. Arief menyebut, sebagai warga negara yang baik, dia datang memenuhi panggilan polisi dengan senang hati.

Arief menyatakan polisi tak memintanya untuk mengembalikan dana Rp 4 miliar yang diterimanya dari tersangka kasus Quotex, Doni Salmanan. Uang itu merupakan mahar pembelian mobil Porsche milik Arief oleh Doni beberapa waktu lalu.

Arief mengaku dirinya mendapatkan pertanyaan dari penyidik soal transaksi jual beli mobil tersebut. Dia pun menyatakan tak diminta untuk menyerahkan uang tersebut.

“Sesuai yang udah diprediksi jadi sebenarnya hari ini kita cuma ngobrolin mengenai jual beli mobil aja karena kebetulan kan Doni Salmanan beli mobil aku,” ujar Arief usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri.

2. Atta Halilintar 

Artis berdarah Minang selanjutnya yang turut  terseret kasus yang menjerat Doni Salmanan selanjutnya adalah Atta Halilintar. Publik figur yang memiliki puluhan juta subscriber ini juga dipanggil Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dit Tipidsiber) Bareskrim Polri pada Kamis (17/3/2022). Pemanggilan terhadapnya itu terkait dengan kasus yang menjerat Doni Muhammad Taufik alias Doni Salmanan.

Diketahui, Atta Halilintar merupakan anak sulung dari kesebelasan Gen Halilintar. Dia merupakan putra pertama dari pasangan perantau Minangkabau, Halilintar Anofial Asmid (ayah) dan Lenggogeni Faruk (ibu).

Dalam kasus Doni Salmanan, sebelumnya Doni Salmanan sempat memberikan tas mewah sebagai hadiah pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Usai Doni Salmanan ditetapkan menjadi tersangka, Atta Halilintar harus mengembalikan tas yang pernah ia terima sebelumnya.

3. Rizky Billar

Artis berdarah Minang yang ketiga terseret kasus Doni Salmanan adalah Rizky Billar. Sebelumnya, Rizky Billar diduga menerima uang hadiah pernikahan sebesar Rp20 juta dari tersangka Doni Salmanan.
Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh kuasa hukum Rizky Billar, Shandy Arifin yang mengatakan jika kliennya itu akan memenuhi panggilan penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

“Insya Allah akan kooperatif untuk hadir hari ini,” ujarnya saat dikonfirmasi awak media.

Baca Juga: Festival Budaya Urang Minang Baralek Gadang di Jakarta 25-27 Maret 2022

Diketahui Rizky Billar memiliki darah Minang dari sang ibu yang berasal dari Kampung Matur, Kabupaten Agam, Sumbar. Sementara kakek Rizky merupakan kepala adat dari kampung tersebut. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist