Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19 Pasca Lebaran, RSUP M Djamil Padang Butuh 10 Ventilator dan Puluhan Nakes

|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Jumlah ventilator yang dimiliki RS M Djamil saat ini belum mencukupi

Padang, Padangkita.com – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Kota Padang membutuhkan tambahan ventilator dan tenaga kesehatan baru.

Hal tersebut untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di salah satu rumah rujukan Covid-19 di Sumbar itu.

Direktur Umum, Sumber Daya Manusia, dan Pendidikan RSUP M Djamil, Dovy Djanas mengatakan, saat ini setidaknya dibutuhkan lima sampai sepuluh ventilator tambahan.

Menurutnya, jumlah ventilator yang dimiliki oleh rumah sakit saat ini yaitu 14 buah belum mencukupi untuk menangani pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan kasus.

Padahal, ventilator sangat dibutuhkan sebagai alat bantu pernapasan pasien Covid-19 yang dalam kondisi kritis.

“Kita saat ini punya 14 ventilator. Sebanyak 13 di antaranya sedang digunakan. Kita perlu antisipasi lonjakan kasus pasca-Lebaran ini,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Sabtu (15/5/2021).

Jumlah ventilator di M Djamil saat ini belum mencukupi dan masih dibutuh sekitar lima sampai sepuluh ventilator lagi.

Pihaknya sebelumnya telah meminta bantuan ke rumah sakit-rumah sakit di berbagai daerah di Sumbar yang tidak merawat pasien Covid-19 agar bersedia meminjamkan ventilator untuk dimanfaatkan oleh RSUP M Djamil.

M Djamil juga telah mengabari Pemerintah Provinsi Sumatra (Barat). Menurut Dovy, Wakil Gubernur Sumbar Audy merespon permasalahan dengan membantu M Djamil untuk mendapatkan ventilator baru.

Sejauh ini, baru Semen Padang Hospital yang bersedia untuk meminjamkan dua ventilatornya ke RSUP M Djamil.

Pihaknya juga telah menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan pemerintah pusat bisa membantu penyelesaian permasalahan ini,” sampainya.

Lebih lanjut, Dovy menekankan, selain ventilator, RSUP M Djamil juga membutuhkan tambahan tenaga kesehatan yang mahir untuk menjalankan ventilator itu.

Hal tersebut karena tidak sembarang orang yang bisa menjalankannya. Orang yang menjalankan ventilator tersebut memiliki keterampilan khusus.

Berapa jumlah tambahan tenaga kesehatan yang dibutuhkan RSUP M Djamil? Dovy mengatakan untuk menjalankan satu ventilator diperlukan lima perawat.

Artinya jika RSUP M Djamil memerlukan tambahan lima sampai sepuluh ventilator, maka dibutuhkan 25 sampai 50 tenaga kesehatan baru.

Baca juga: Wujudkan Libur Lebaran Aman dan Nyaman, Pol PP dan Damkar Padang Panjang Kerahkan Puluhan Personel

Dia berharap rumah sakit lain bisa membantu meminjam tenaga kesehatan yang memiliki keahlian menggunakan ventilator ke RSUP M Djamil. Dia berharap pemerintah daerah bisa memfasilitasi hal tersebut. [rna]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler