Antisipasi Dampak Bencana, Polres Dharmasraya Gelar Latihan Gabungan

Penulis: Redaksi

Pulau Punjung, Padangkita.com – Dalam rangka mempersiapkan diri dalam penanganan bencana alam di lapangan, personel Polres Dharmasraya menggelar latihan gabungan bersama TNI di lapangan Mako Polres Dharmasraya, Selasa.(22/11/2022).

Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah menjelaskan latihan gabungan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan personel TNI-POLRI dalam menangani peristiwa bencana alam.

“Dengan kondisi saat ini, tentu sangat penting bagi personel yang dinas di daerah rawan bencana Alam di wilayah Kabupaten Dharmasraya untuk terus meningkatkan kemampuannya,” terang Kapolres dilansir Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, peserta latihan gabungan terdiri dari personel Sat Samapta Polres Dharmasraya, Babinsa TNI, Bhabinkamtibmas dan BPBD Kabupaten Dharmasraya.

“Untuk pengisi materi di bidang PPHD disampaikan oleh Dr. Debby Afri Amdani dan Materi SAR disampaikan oleh Tim BPBD Kabupaten Dharmasraya,” terangnya.

Untuk itu pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pemateri dalam kegiatan latihan gabungan TNI – Polri untuk simulasi penanganan bencana alam tersebut

“Sangat berterima kasih, mengingat cuaca ekstrim sering terjadi dan itu membutuhkan kesiap siagaan personil kita bersinergi dengan TNI dalam penanggulangan bencana,” sambungnya.

Ia mengungkapkan, Kabupaten Dharmasraya dianggap sebagai wilayah yang rawan potensi ancaman bencana baik berupa banjir, tanah longsor, dan bencana lainnya.

“Bencana merupakan suatu kejadian tidak terduga, dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan menimpa siapa saja. Sehingga menuntut kesiapan kita semua, agar dapat meminimalisir dampaknya,” terangnya.

Ia berpesan kepada para peserta pelatihan, agar mengikuti pelatihan gabungan penanganan ini dengan serius dan menyerap semua materi yang diberikan.

Baca Juga : Memasuki Puncak Musim Hujan, Warga Sumbar Diminta Waspada 

“Kegiatan ini dilanjutkan dengan peragaan dan simulasi oleh tim SAR Polres Dharmasraya.” pungkasnya. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist