Andre Rosiade Tepati Janji Kunjungi Jemaah Haji Sumbar di Tenda Mina

Penulis: Redaksi

Makkah, Padangkita.com – Anggota DPR RI Andre Rosiade menepati janjinya mengunjungi jemaah haji asal Sumatra Barat (Sumbar) di tenda Mina, Makkah, Arab Saudi, Minggu (10/7/2022) malam.

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra itu memasuki tenda Mina tepatnya di maktab 28 dan 29. Andre kembali berdialog dengan para jemaah yang berkumpul di sejumlah tenda.

 “Alhamdulillah, Minggu malam, 10 Juli 2022 atau 11 Dzulhijjah setelah Salat Isya, kami Andre Rosiade mengunjungi jemaah haji Indonesia asal Sumbar di maktab 29. Kami bertemu 158 orang jemaah Sumbar dari Kabupaten Dharmasraya,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini, Senin (11/7/2022).

Andre Rosiade didampingi Junaindra Sumawan, jemaah haji yang juga Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Dharmasraya berdialog dan mendapatkan informasi soal jemaah. Jemaah berada dalam kondisi sehat dan begitu bersemangat menjalankan ibadah haji tahun ini, setelah tertunda dua tahun lamanya akibat pandemic Covid-19.

Salah satu jemaah, H Ismail Yunus yang juga Wali Nagari Simalidu, Kecamatan Koto Salak, Kabupaten Dharmasraya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian Andre Rosiade yang telah mengunjungi serta membawa bingkisan untuk semua jemaah haji Dharmasraya.

“Alhamdulillah, terima kasih pak Andre Rosiade,” katanya.

Jemaah lainnya, H Tarmizi, asal Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya mengaku terkejut dan sangat senang atas kunjungan anggota DPR RI ini. Dia tak menyangka akan bertemu Andre Rosiade di Makkah.

“Alhamdulillah, beliau juga akan menanggung makan siang kami di hotel, karena kami mengambil nafar awal,” katanya.

H Junaindra Sumawan menambahkan, Andre Rosiade memang seorang tokoh Sumbar yang sangat diterima di manapun berada. Bahkan, saat di Makkah pun, begitu banyak jemaah yang berharap kepada Andre.

“Bang Andre adalah pemimpin kita. Kami dengar banyak doa dan harapan dari jemaah asal Sumbar kepadanya,” kata Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Dharmasraya ini.

Usai bertemu jemaah haji asal Dharmasraya, Andre Rosiade melanjutkan ke maktab 28 didampingi Ketua Kloter 02 Embarkasi Padang, Amar Albar Antoni. Di sini, Andre bertemu dengan jemaah haji asal Sumbar dari Kota Padang dan Kabupaten Tanah Datar.

“Ini adalah janji kami waktu mengunjungi jamaah haji asal Sumbar, Rabu siang 6 Juli tepatnya usai Salat Zuhur waktu Makkah. Alhamdulillah, bisa kembali bertemu dan memastikan semua jemaah sehat walafiat. Kami doakan semua menjadi haji yang mabrur,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Sesuai aspirasi jemaah, kata Andre, rencanananya pada 13 Dzulhijjah atau 12 Juli 2022 Andre diminta menyiapkan makan siang untuk jemaah yang sudah kembali dari tenda di Mina ke hotel tempat mereka menginap di Makkah.

“Ini sebuah amanah bagi kami dan insya Allah akan dilaksanakan dengan baik,” kata Andre Rosiade.

Andre Rosiade kembali meyebut, pertemuannya itu hanya berdialog dan bersilaturahmi sebagai anggota DPR asal Sumbar yang bertemu masyarakat Sumbar di Arab Saudi. Pertemuan itu juga dijadikan ajang bertukar pesan dan kabar dengan jemaah lainnya.

“Kami mendoakan semua dimudahkan dalam menjalankan ibadah. Dan, kalau ada masalah jangan ragu menyampaikan kepada kami. Tidak hanya saat di hotel seperti sekarang, tapi juga saat sudah pindah ke maktab nantinya,” kata Anggota Komisi VI DPR RI.

Seperti diketahui total jemaah haji yang berangkat melalui Embarkasi Padang pada 2022 sebanyak 2.883 orang terdiri atas 8 kloter. Dari 2.883 orang tersebut sebanyak 2.106 berasal dari Sumbar, 747 dari Bengkulu dan petugas haji 30 orang.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi mengatakan pihaknya bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji.

Baca juga: Jalankan Ibadah Haji, Andre Rosiade juga Silaturahmi dengan Tokoh-tokoh Bangsa

“Kami mengingatkan jemaah haji untuk menjaga imunitas agar maksimal beribadah di Tanah Suci dengan menjaga pola makan, dan mengatur waktu dengan baik,” ujarnya. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist