Anak Muda Minang dan Tari Tradisional Minang Kembali Pukau Dunia

Penulis:
Sumbar Talenta dan HWK Sumbar saat di pesta tradisi panen gandum Croatia. (Dok. Pribadi).jpg

Padangkita.com – Kesenian tradisional Minangkabau kembali memukau masyarakat di dunia. Kali ini, Tari Piring yang dibawakan oleh talenta-talenta muda Sumatera Barat membuat masyarakat Kroasia takjub dan terpukau.

Tari piring dan menari di atas pecahan kaca ini merupakan salah satu pertunjukan yang ditampilkan oleh rombongan Sumbar Talenta dalam kunjungannya ke Kroasia. Mereka menampilkan kesenian dan kebudayaan Minangkabau di festival dunia ‘The 51’st
International Folklore Festival’ 19 – 23 Juli 2017 di Croatia.

Ketua Himpunan Wanita Karya (HWK), Sastri Yunizarti Bakry mengatakan hal ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi para peserta. Masyarakat Kroasia sangat takjub dengan pertunjukan yang ditampilkan oleh anak-anak Sumbar Talenta.

“”Para penonton takjub melihat penampilan Sumbar Talenta, terutama dengan Tari Piring. Mereka sangat terpukau melihat penari melonjak-lonjak di atas pecahan kaca,” katanya, Kamis (27/07/2017).

Masyarakat Kroasia pun begitu kagum dan takjub dengan saat mendengar permainan alat musik Talempong. Alat musik itu sangat unik dan baru bagi mereka.

Sementara itu, Hallen, Sekretaris HWK Sumbar juga mengatakan bahwa penampilan yang ditunjukan oleh Sumbar Talenta mendapat aspresiasi yang sangat baik dari walikota Zegreb, Kroasia.

Dalam kegiatan The 51’st International Folklore Festival di Croatia ini, anak-anak muda Minang ini menampilkan pertunjukan tari pasambahan, tari indang dan tari piring.

“Penampilan Sumbar Talenta mendapat apresiasi dari Walikota Zagreb dan Duta Besar Indonesia untuk Croatia. Indonesiamerupakan satu-satunya negara dari Asia yang mengikuti The 51’st International Folklore Festival di Croatia,” katanya.

Selain itu dia menjelaskan bawah Sumbar Talenta secara tidak langsung menjadi wakil Asia untuk menampilkan kesenian dan kebudayaan di festival kesenian rakyat sedunia ini.

Terpopuler

Add New Playlist