Aksi Peringatan Hari Bumi di Padang, Suarakan Darurat Krisis Iklim

Padang, Padangkita.com – Aksi peringatan Hari Bumi digelar di Kota Padang, persisnya di depan Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar), Jumat (22/4/2022) sore.

Aksi itu digelar oleh sekelompok orang mengatasnamakan Koalisi Anak Muda Peduli Hutan Sumbar.

Dalam aksi tersebut, mereka membawa sejumlah poster yang bertuliskan aspirasi mereka seperti “Indonesia Darurat Krisis Iklim”, “Krisis Iklim Sudah di Depan Mata”, dan sebagainya.

Mereka juga melakukan aksi teaterikal dengan menyiram tubuh mereka dengan kristal batu es. Alhasil, tubuh mereka basah oleh es yang mencair.

“Jika diibaratkan dengan kutub bumi, es batu ini artinya lapisan es yang sudah mencair karena pemanasan global atau krisis iklim. Selamatkan bumi sekarang juga,” ujar koordinator aksi, Heronimus Eko Zebua.

Dia menyampaikan, krisis iklim adalah persoalan warga dunia pada umumnya, dan masyarakat Sumbar pada khususnya.

“Pemanasan global ini sangat kita rasakan. Kita tahu bahwa suhu panas di Sumbar sudah panas. Bukittinggi yang dulunya dikenal dingin, sekarang terasa panas,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya pun meminta pemerintah dan masyarakat untuk peduli dengan isu ini.

Baca Juga: Trenggiling Hasil Serahan Warga Dilepasliarkan di Suaka Margasatwa Barisan

“Semoga dengan aksi ini krisis iklim bisa lebih menjadi perhatian pemerintah. Dan untuk masyarakat diharapkan bisa membersamai penjagaan hutan dan pengurangan emisi gas rumah kaca,” sebut Heronimus. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist