Aksi Heroik Personel Polres Agam, Kejar dan Melompat ke Motor Penjambret Lalu Duel

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Zulfikar

Berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini: Polisi nekat melompat ke sepeda motor penjambret di Pasar Padang Baru, Lubuk Basung, Agam.

Lubuk Basung, Padangkita.com – Seorang personel kepolisian dari Polres Agam bernama Bripka Algino Ganaro nekat melompat dari sepeda motornya saat aksi penjambretan yang terjadi di Pasar Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Dia pun sempat berduel dengan pelaku.

Mulanya, pria yang bertugas di Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Agam tersebut sedang membawa sepeda motor tak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (23/4/2021).

“Dari arah berlawanan, saya melihat ada seorang ibu-ibu yang membawa motor sedang dipepet oleh pengendara motor lain yang berboncengan,” ujar Algino dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com via pesan WhatsApp, Sabtu (24/4/2021).

Algino mengatakan, salah satu pelaku yang berboncengan mengambil Telepon Seluler (Ponsel) milik perempuan tersebut yang diletakkan dalam kotak (dashboard) depan motor.

“Si ibu ini berteriak, saya spontan berupaya menghadang para pelaku ini,” ucapnya.

Ketika para pelaku terus berupaya untuk kabur, jelas Algino, ia juga langsung memutar balik kendaraan dan mengejarnya sejauh dua kilometer dari TKP.

“Saat motor jambret itu melambat, saya langsung mengambil kesempatan itu dengan melompat ke arah pelaku. Dalam pelariannya, pelaku sempat membuang ponsel yang ia curi,” paparnya.

Meskipun telah meloncat ke kendaraan pelaku, usaha Algino tak begitu berhasil menangkap kedua pelaku itu.

Para pelaku masih terus berupaya kabur, sehingga hanya seorang pelaku yang berhasil diamankan Algino, seorang pelaku lagi berhasil kabur.

Baca juga: Polres Agam Siapkan 2 Pos PAM dan 4 Pos YAN untuk Operasi Lilin Singgalang 2020

“Yang berhasil ditangkap pelaku berinisial H, 23 tahun. Saya sempat juga mengejarnya sejauh 10 meter, saya juga duel dengan pelaku ini. Tapi, sekarang dia sudah ditangkap dan ditahan di Mapolres Agam beserta barang bukti yang ia curi,” katanya. [zfk]


Baca berita Agam hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler