Akses Padang-Bengkulu Buka Tutup, Sempat Terputus selama 9 Jam

Penulis: Fuadi Zikri

Painan, Padangkita.com – Jalan lintas Padang-Bengkulu di kawasan Bukit Pulai, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan putus total sejak pukul 17.30 WIB, Jumat (17/12/2021) sore, hingga kembali bisa dilewati kendaraan dengan sistem buka-tutup sekitar pukul 03.50 WIB, Sabtu (18/12/2021).

Terputusnya akses jalan disebabkan karena tertimbunnya seluruh badan jalan oleh material longsor. Pantauan Padangkita.com di lokasi, pembersihan material longsor masih berlangsung.

Lebarnya material longsor yang menutupi jalan menjadi sebab lamanya proses pembersihan. Ditambah lagi material longsor yang bercampur batu berukuran besar dan pohon kayu yang tumbang.

Pantauan Padangkita.com, kemacetan ini sudah terjadi sejak pukul Jumat sore tepat saat longsor terjadi.

Setidaknya, kemacetan terjadi beberapa kilometer dari kedua arah. Tidak hanya mobil pribadi, truk, angkutan, dan bus, ambulans yang membawa pasien sakit dan mobil pembawa dosis vaksin pun juga terjebak.

“Saya dari magrib kemarin di sini (sekitar pukul 18.30 WIB), sampai sekarang belum juga bisa lewat, sudah lebih dari 9 jam lah,” ujar salah seorang pengendara, Alim, kepada Padangkita.com, sekitar pukul 03.30 WIB tadi.

Ia yang hendak ke Padang itu pun menggerutu. “Seharusnya dari tadi saya sudah sampai di Padang, tapi ya mau gimana lagi. Kan tidak kita saja yang terjebak, yang lain juga,” katanya.

Baca Juga: Hujan Deras Seharian, 2 Daerah di Sumbar Dilanda Banjir dan Longso

Menjelang subuh tadi, petugas berwenang di lokasi telah mulai membuka jalan namun dengan sistem buka-tutup.

Dalam insiden ini tak ada korban jiwa dilaporkan. Namun, satu kendaraan minibus dihantam matrial longsor saat melintas. Beruntung sopir dan satu orang penumpang berhasil selamat. [mfz/fru]

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist