Akibat Hujan Deras, Bahu Jalan Lintas Tapan-Kerinci Terban

Penulis: Zulfikar Efendi

Painan, Padangkita.com – Hujan deras yang melanda wilayah Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada Minggu (19/9/2021) membuat salah satu ruas jalan di daerah itu terban.

Komandan Pos Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Bobi Nofriadi menyebutkan, akibat hujan deras sekitar pukul 15.00 WIB telah menyebabkan ruas jalan di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan longsor dan mengakibatkan sebagian badan jalan terban dan rusak.

“Benar, ada bencana longsor yang terjadi pada sore tersebut, hampir memutuskan ruas jalan di kampung Muaro Siri Nagari Sako, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Jalan tersebut merupakan penghubung Kabupaten Pesisir Selatan dengan (Kota) Sungai Penuh, Kerinci,” ujar Bobi, Senin (20/9/2021).

Menurut Bobi, jalan itu terban karena intensitas hujan sangat tinggi, sehingga merusak gorong-gorong yang ada di bawah jalan.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Karena saat longsor terjadi, tidak ada warga yang melintasi jalan tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt epala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR), Kabupaten Pesisir Selatan, Syahriwan, mengatakan, tim dari Dinas PUTR sudah mendatangi lokasi, untuk meninjau keadaan yang terjadi.

Baca juga: Hujan Seharian di Pessel, Sungai Meluap Rendam Permukiman dan Longsor di Bukit Pulai Tutup Jalan

“Ya, tim sudah ke lokasi untuk mendata kerusakan jalan, saat ini tim sudah membuat laporannya, untuk disampaikan kepada PU Provinsi,” ujar Syahriwan. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist