Ajak Pelajar Ikuti Gebyar Vaksinasi, Wabup Risnawanto: Jika Ingin Pintar, Maka Harus Sehat

Penulis: Zulfikar Efendi

Simpang Empat, Padangkita.com – Gebyar vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di Pasaman Barat (Pasbar) juga mulai dilaksanakan hari ini, setelah dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Selasa (14/9/2021).

Wakil Bupati (Wabup) Pasbar, Risnawanto saat meninjau gebyar vaksinasi hari pertama di Pasbar menyebutkan, bahwa vaksinasi merupakan salah satu langkah menuju hidup sehat.

“Gebyar vaksin pelajar ini sangat perlu bagi seluruh pelajar, karena vaksinasi merupakan salah satu langkah menuju hidup sehat,” ujar Risnawanto.

Karena itu, ucap Risnawanto, keiukutsertaan para pelajar untuk divaksin sangat diperlukan, apalagi belajar tatap muka sudah diselenggarakan.

“Jika ingin pintar, maka kita harus sehat. Dengan banyaknya kasus Covid-19 belakangan ini, untuk mencegah hal itu perlu dilakukan vaksinasi,” ungkapnya.

Dijelaskan Risnawanto, bahwa persentase vaksinasi Covid-19 di Pasbar sudah mencapai 70 persen dan akan terus ditingkatkan.

“Pemerintah akan melakukan sosialisasi dan imbauan kembali kepada masyarakat mengenai efek samping dari vaksin ini, agar nantinya tidak menimbulkan kekhawatiran yang berlebih bagi masyarakat khususnya orang tua pelajar,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pasbar, Jon Hardi mengatakan, bahwa pada peluncuran gebyar vaksinasi bagi pelajar ditargetkan sebanyak 100 pelajar disuntik vaksin.

“Sekolah yang mengikuti vaksinasi hari ini, yaitu SMPN 1 Pasaman, MTsN Simpang Empat, SMAN 1 Pasaman, dan SMKN 1 Pasaman. Akan ada vaksinasi tahap selanjutnya yang dilakukan di seluruh sekolah di Pasaman Barat,” ujar Jon.

Menurut Jon, vaksinasi dilakukan sudah sesuai dengan anjuran pemerintah pusat, vaksin bagi pelajar hanya diperbolehkan dari umur 12 tahun.

“Artinya, tidak dianjurkan bagi pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk divaksin,” jelasnya.

Baca juga: Gerai Vaksinasi Presisi Polres Pasbar Vaksin 346 Warga Per Hari, Gunakan Vaksin Astrazeneca dan Coronavac

Bahkan, kata Jon, gebyar vaksinasi untuk pelajar di Pasbar juga akan dilauncing secara internal. [*/zfk]

Terpopuler