Ada Ikon Baru Masjid Terapung dan Libur Panjang, Jual Beli Pedagang di Pantai Carocok Painan Meningkat

Penulis: Redaksi

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pedagang di kawasan Pantai Carocok Painan mengalami peningkatan jual beli

Painan, Padangkita.com – Pedagang di kawasan Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengalami peningkatan jual beli.

Dari pantauan Padangkita.com, Jumat (12/22021), kawasan itu mulai ramai pengunjung bertepatan dengan hari libur Tahun Baru Imlek. Ratusan pengunjung berbondong-bondong memasuki kawasan wisata tersebut.

Tentu saja, kondisi ini juga menguntungkan bagi pedagang yang berjualan, di sekitar Pantai Carocok Painan.
Hengki, salah seorang pedagang minuman, mengaku mendapatkan omzet yang lebih banbyak dibanding dengan hari-hari biasa.

“Alhamdulillah. Daya jual beli kita meningkat. Biasanya cuma Rp500.000, sekarang bahkan meningkat dua kali lipat. Bisa dapat Rp1.500.000,” kata Hengki.

Pemicu peningkatan penjualan ini dipicu oleh momen libur akhir pekan yang dimulai hari ini libur Tahun Baru Imlek.

“Mudah-mudahan kawasan ini ramai terus. Pengunjung tidak bosan-bosan ke sini. Dan pedagang bertambah rezkinya,” ucapnya.

Selain itu, Hengki mengakui pula, lonjakan pengunjung yang datang ke kawasan wisata Pantai Carocok Painan juga dipengaruhi oleh adanya Masjid Terapung Samudra Ilahi yang baru saja diresmikan oleh Bupati Pessel, Hendrajoni pada Jumat (5/2/2021) lalu.

Dia meyakini keberadaan masjid terapung memberi berkah tersendiri bagi para pedagang. Dari pantauan Padangkita.com, terlihat banyak kendaraan yang memasuki kawasan wisata yang berasal dari luar daerah. Seperti dari Pekanbaru, Riau, Jambi dan Bengkulu. Selain itu juga ada dari Padang, Medan serta pengunjung lokal.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pessel, Hadi Susilo, sebelumnya mengatakan untuk masuk kawasan Pantai Carocok sudah kembali dipungut bayaran.

Pada 2020 lalu, pihaknya sempat menggratiskan masuk kawasan wisata karena pandemi Covid-19. Namun pada masa adaptasi kebiasaan baru ini, masuk kawasan Carocok kembali berbayar dengan jumlah tarif yang berbeda.
Untuk setiap pengunjung dewasa sebesar Rp5.000 dan anak-anak Rp3.000.

“Semoga dengan ramainya pengunjung, berdampak positif bagi pendapatan asli daerah,” harapnya.

Baca Juga: Masjid Terapung Carocok Ikon Baru Pessel

Dia menyampaikan, tahun 2021, Disparpora Pessel menargetkan jumlah kunjungan ke Pessel sebanyak 1,5 juta wisatawan. Dia optimistis, peningkatan pengunjung bakal terjadi seiring dengan penambahan ikon baru di kawasan Pantai Carocok Painan, yaitu Mesjid Terapung Samudra Ilahi. [pkt]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist