39 Negara Bersatu Desak China Hormati HAM Muslim Uighur

Muslim uighur makan babi

Ils. [Foto: Ist]

Padangkita.com - Sebanyak 39 negara di dunia bersatu mendesak China untuk menghormati hak asasi manusia minoritas di Uighur, dan juga mengungkapkan keprihatinan tentang situasi di Hong Kong.

Hal ini disampaikan negara-negara tersebut melalui deklarasi dalam pertemuan hak asasi manusia yang digelar pada Selasa (6/9/2020).

"Kami menyerukan kepada China untuk menghormati hak asasi manusia, terutama hak orang-orang yang termasuk dalam agama dan etnis minoritas, terutama di Xinjiang dan Tibet," kata duta besar Jerman untuk PBB Christoph Heusgen, yang memimpin inisiatif pertemuan 39 Negara, dilansir dari Channel News Asia.

Di antara 39 negara yang ikut deklarasi tersebut adalah Amerika Serikat, sebagian besar negara anggota Uni Eropa termasuk Albania dan Bosnia, serta Kanada, Haiti, Honduras, Jepang, Australia dan Selandia Baru.

"Kami sangat prihatin tentang situasi hak asasi manusia di Xinjiang dan perkembangan terkini di Hong Kong," kata Christoph Heusgen.

"Kami menyerukan kepada China untuk mengizinkan akses langsung, bermakna dan tanpa batas ke Xinjiang bagi pengamat independen termasuk Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia," tambahnya.

Segera setelah itu, utusan untuk Pakistan berdiri dan membacakan pernyataan yang ditandatangani oleh 55 negara, termasuk China, yang mengecam segala penggunaan situasi di Hong Kong sebagai alasan untuk campur tangan urusan dalam negeri China.

Baca juga: 18 Orang Tewas dan Puluhan Luka-Luka Akibat Ledakan Bom Mobil di Suriah

Berbicara kepada Jerman, Amerika Serikat dan Inggris, duta besar China Zhang Jun mengkritik apa yang dia sebut sebagai sikap "munafik".

Zhang Jun juga menuntut agar ketiga negara "menyingkirkan kesombongan dan prasangka Anda, dan mundur dari tepi jurang, sekarang".

Organisasi Human Rights Watch memuji fakta tentang begitu banyak negara ikut menandatangani deklarasi tersebut "terlepas dari ancaman dan taktik intimidasi China yang terus-menerus terhadap mereka yang bersuara."

Pada 2019, deklarasi serupa yang dirancang oleh Inggris hanya mendapat 23 tanda tangan dari.

Para diplomat Barat mengatakan, China menumpuk lebih banyak tekanan setiap tahun untuk menghalangi negara-negara anggota PBB menandatangani pernyataan semacam itu.

Negara barat berpendapat jika China mengancam akan memblokir pembaruan misi penjaga perdamaian untuk beberapa negara atau mencegah negara lain membangun fasilitas kedutaan baru di China.

Pada hari Senin, China memimpin 26 negara dalam deklarasi bersama yang menyerukan diakhirinya sanksi AS yang mereka katakan melanggar hak asasi manusia selama perjuangan memerangi pandemi virus corona.

Bulan lalu, Institut Kebijakan Strategis Australia (ASPI) mengatakan telah mengidentifikasi lebih dari 380 "fasilitas penahanan yang dicurigai" di wilayah Xinjiang, di mana China diyakini telah menahan lebih dari satu juta orang Uighur dan penduduk yang sebagian besar berbahasa Turki Muslim.

Di Amerika Serikat, Dewan Perwakilan Rakyat mengesahkan RUU pada akhir September yang bertujuan untuk melarang impor dari Xinjiang, dengan alasan bahwa pelanggaran terhadap orang-orang Uighur begitu meluas sehingga semua barang dari wilayah tersebut harus dianggap dibuat dengan tenaga kerja paksa. [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Suara.com jaringan Padangkita.com dengan judul: AS dan 38 Negara Tuntut China untuk Hormati HAM Minoritas Muslim Uighur

Tag:

Baca Juga

Berita Internasional, Amerika Serikat Ancam Boikot Pelaksanaan Olimpiade Beijing 2022, Internasional, Indonesia Terbaru
Amerika Serikat Ancam Boikot Pelaksanaan Olimpiade Beijing 2022
Muslim uighur makan babi
Kisah Muslim Uighur yang Dipaksa Makan Babi Setiap Jumat
11 perusahaan kerja paksa muslim uighur
Kerja Paksa Muslim Uighur, 11 Perusahaan China Disanksi AS
Duta Besar Tiongkok untuk Australia Cheng Jingye mengatakan laporan penahanan massal Uighur adalah hoax
Duta Besar Cina untuk Australia Sebut Penahan Satu Juta Orang Muslim Uighur Hoax
DPR Siap Gelar IAPF, Puan Yakin Forum Parlemen Jadi Nilai Tambah Hubungan RI-Afrika
DPR Siap Gelar IAPF, Puan Yakin Forum Parlemen Jadi Nilai Tambah Hubungan RI-Afrika
Forum Parlemen Indonesia - Afrika, Songsong Pembangunan Berkelanjutan
Forum Parlemen Indonesia - Afrika, Songsong Pembangunan Berkelanjutan