Wishnutama Imbau Pelaku Industri Parekraf Ikut Terapkan Protokol Kesehatan

Imbauan Wishnutama: Upaya Cegah Virus Corona

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama [Foto: Setkab.go.id]

Jakarta, Padangkita.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengimbau asosiasi dan pelaku industri pariwisata untuk ikut menerapan protokol kesehatan sesuai dengan surat edaran dari Kementrian Kesehatan.

Imbauan ini dituangkan Wishutama dalam Surat Edaran No.1 Tahun 2020 Tentang Imbauan Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tertanggal 18 Maret 2020.

Dalam surat tersebut Wishnutama mengatakan bahwa imbauan ini dinilai paling efektif untuk menghambat pandemi covid-19.

"Dengan upaya ini diharapkan pandemi ini dapat berakhir secepatnya dan kita semua dapat beraktivitas seperti biasa," ujar Wishnu dalam surat edaran tersebut yang diterima Padangkita.com, pada Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Fokus Tanggulangi Pasien Corona, DPR: Kesiapan Pemerintah Belum Maksimal

Selain itu, Wishnutama juga mengimbau asosiasi dan pelaku industri parekraf untuk menerapkan jaga jarak sosial/social distance dengan jarak minimun 1 meter sesuai dengan panduan WHO dan UNWTO di ruang-ruang publik.

Pelaku industri parekraf juga diminta untuk terus melakukan koordinasi dan komunikasi secara intensif dengan Pemerintah Pusat dan Daerah jika ada konsumen, karyawan atau masyarakat di sekitarnya yang terindentifikasi suspect, probable, atau confirm virus corona.

Koordinasi dengan dinas yang menangani parekraf dan ketenagakerjaan pun dituntut, tujuannya untuk menangani dampak viurs corona bagi dunia usaha dan berupaya maksimal agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja dengan karyawan.

Dalam surat tersebut, Menparekraf juga melakukan akan kembali mendukung pelaksanaan Calender of Event 2020 dan penyelenggaran kegiatan lainnya setelah masa pandemi corona dinyatakan selesai oleh Pemerintah Pusat.

Ia berharap seluruh pemangku kepentingan dapat bersatu menghadapi masa sulit seperti saat ini demi keberlangsungan pariwisata dan ekonomi kreatif usai pandemi ini nanti.

"Kemenparekraf/Baparekraf mengharapkan seluruh pemangku kepentingan untuk bersatu bahu-membahu menghadapi masa sulit ini, sehingga pada saat pandemik covid-19 berakhir, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mampu bangkit memacu pertumbuhan & kreativitas lebih dari sebelumnya dan tetap menjadi sektor kebanggaan bangsa," tertulis dalam surat edaran tersebut. (*/try)

Baca Juga

Asyik Nongkrong di Warung, 13 Pelajar Diangkut Satpol PP Padang
Asyik Nongkrong di Warung, 13 Pelajar Diangkut Satpol PP Padang
Padang, Padangkita.com - Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kota Padang hingga awal 2022 sudah mendekati angka 80 persen, yaitu 79 persen.
Capaian Vaksinasi Tembus 79 Persen, Hendri Septa Sebut Kegiatan Masyarakat di Padang Sudah Mulai Normal
Painan, Padangkita.com - Capaian vaksinasi Covid-19 di Nagari Rawang Gunung Malelo, Kecamatan Sutera, Pessel kini tembus 80 persen.
Berkat Door to Door, Capaian Vaksinasi di Nagari Rawang Gunung Malelo Kini Tembus 80 Persen
Painan, Padangkita.com - Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) masih jauh dari target.
Capaian Vaksinasi Covid-19 di Pessel Kini Masih 57,5 Persen
Padang, Padangkita.com - Dinkes Kota Padang akan mensurvei sejumlah sekolah untuk memastikan keberlangsungan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).
Dinkes Padang Akan Survei Sejumlah Sekolah untuk Pastikan Keberlangsungan Pembelajaran Tatap Muka
Pariaman, Padangkita.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman telah merilis nama-nama warga yang belum divaksin sama sekali hingga saat ini.
Rilis Nama Warga yang Belum Divaksin, Wako Genius Umar Minta Camat Telusuri hingga ke Desa dan Dusun