Pemprov Sumbar Sediakan Anggaran Bantuan Hukum Warga Tak Mampu, Ini Cara Mendapatkannya  

Pemprov Sumbar Sediakan Anggaran Bantuan Hukum Warga Tak Mampu, Ini Cara Mendapatkannya  

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. [Foto: Dok. Biro Adpim Sumbar]

Padang, Padangkita.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus menunjukkan kepedulian pada masyarakat tidak mampu. Perhatian tersebut tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar, tetapi juga bagi mereka yang berurusan dengan kasus hukum.

"Permasalahan masyarakat tidak mampu kita itu tidak hanya kebutuhan dasar, seperti makanan, kesehatan dan pendidikan. Kadang mereka juga perlu memperjuangkan haknya dalam sengketa hukum. Oleh sebab itu, sisi itu juga harus kita perhatikan," ungkap Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah di Padang, Minggu (8/9/2024).

Menurutnya, untuk kebutuhan dasar, Pemprov Sumbar mengalokasikan anggaran dalam berbagai program peningkatan kesejahteraan. Jika masih ada juga yang belum terjangkau, akan dibantu melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Kemudian, Pemprov juga membantu mereka yang menjalani proses hukum hingga dihadapkan ke meja hijau, yang diyakini tak akan mampu membayar pengacara untuk mendampinginya dalam memperjuangkan hak-haknya. Dalam hal ini, Pemprov Sumbar mengalokasikan anggaran bantuan hukum untuk masyarakat tak mampu.

Anggaran bantuan hukum ini dapat dimanfaatkan melalui permohonan yang diajukan oleh organisasi bantuan hukum (OBH) yang mendampingi warga dalam menangani masalah hukumnya.

“Setiap tahun kita selalu alokasikan anggaran untuk bantuan hukum. Penyediaan anggaran ini adalah bentuk kehadiran dan kepedulian pemerintah daerah terhadap warga miskin yang sedang bermasalah dengan hukum,” ulas Mahyeldi.

Anggaran untuk bantuan hukum ini ditetapkan melalui Perda Sumbar No. 13 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum. Tindak lanjutnya diatur melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Sumbar No. 12 tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat No. 13 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum.  

Bahkan, keberhasilan Pemprov Sumbar dalam memberikan perhatian bagi masyarakat tidak mampu yang terlibat kasus hukum ini juga menjadi perhatian bagi kabupaten dan kota. Kabupaten/kota dapat menindaklanjuti Perda No. 13 tahun 2014 untuk juga menyediakan bantuan hukum bagi warganya.

Kabupaten dan kota yang sudah menindaklanjuti perda tersebut di antaranya, Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang Panjang, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Mentawai dan Kabupaten Solok Selatan.

“Hingga saat ini, 12 kabupaten/kota di Sumbar sudah menganggarkan bantuan hukum untuk warga tak mampu yang bermasalah dengan hukum,” ungkap Mahyeldi.

Untuk pemanfaatan anggaran bantuan hukum tersebut, Pemprov Sumbar sudah mengatur. Sesuai Pergub, anggaran bantuan hukum bisa digunakan untuk berbagai jenis perkara mulai dari perkara pidana, perdata, hingga Tata Usaha Negara (TUN).

"Selain itu, tak hanya saat bersidang di pengadilan (litigasi) tetapi juga untuk masalah hukum di luar pengadilan (non-litigasi),” papar Kepala Biro Hukum Setdaprov Sumbar, Ezeddin Zain didampingi Analis Hukum Muda, Yesi Atmisari menambahkan.

Kasus yang Dikecualikan

Meski begitu, ia menegaskan tidak semua perkara pidana yang menimpa warga yang dapat diberikan bantuan hukum. Ada pengecualiannya. Bantuan hukum tidak bisa diberikan bagi pelaku tindak kejahatan kesusilaan, penebangan liar (illegal logging), penambangan liar (illegal minning), dan penangkapan ikan secara liar (illegal fishing).

Bantuan hukum juga tidak bisa diberikan bagi pelaku tindak pidana narkotika/psikotropika, tindak pidana korupsi dan pencucian uang (money laundring).

Untuk setiap perkara, Pemprov Sumbar mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,5 juta. Tahun 2024, Pemprov menyediakan anggaran bantuan hukum untuk 8 perkara. Jumlah ini sama dengan tahun 2023, juga untuk 8 perkara. Sedangkan Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang memberikan bantuan hukum tercatat 12 OBH yang telah memenuhi syarat, yaitu lulus verifikasi dan akreditasi oleh Kemenkumham.

“Sampai saat ini, anggaran bantuan hukum yang disediakan sudah dicairkan untuk menangani 6 perkara. Masih ada sisa untuk 2 perkara lagi,” kata Yesi Atmisari.

Masyarakat tak mampu yang membutuhkan bantuan hukum, dapat meminta pendampingan pada OBH yang telah ditetapkan, di antaranya Posbakumadin Kota Solok, Posbakumadin Pasaman Barat, dan Posbakumadin Koto Baru Solok.

Kemudian, YLBHI Kantor LBH Padang, PAHAM Cabang Sumbar, Fiat Justitia Batusangkar, Perkumpulan Kantor Hukum Fiat Justitia Kuranji Padang, PBHI Sumbar, dan Posbakum Aisyiyah Sumbar.

Pencairan dana bantuan hukum, lanjutnya, dilakukan setelah perkaranya diputus oleh majelis hakim. Prosesnya, OBH yang mendampingi warga yang bermasalah dengan hukum mengajukan permohonan pencairan anggaran lengkap dengan dokumen yang dibutuhkan.

Baca juga: Waspada Pesan Penipuan Modus Hibah Masjid yang Mencatut Nama Sekda Sumbar Hansastri

“Di antara dokumen yang dilampirkan saat pencairan dana adalah surat kuasa khusus, resume perkara, SK Menteri Hukum dan HAM RI tentang Pengesahan Pendirian OBH, KTP terdakwa, KK terdakwa, surat keterangan tidak mampu terdakwa, laporan keuangan penanganan perkara dan kwitansi pengeluaran,” terangnya.

[*/adpsb]

Baca Juga

Momen Haru Lina Saat Warung Lontong Picalnya Dikunjungi Gubernur Mahyeldi
Momen Haru Lina Saat Warung Lontong Picalnya Dikunjungi Gubernur Mahyeldi
Sumbar Tambah Medali Perunggu dari Cabor Gateball, masih Berpeluang Raih Emas
Sumbar Tambah Medali Perunggu dari Cabor Gateball, masih Berpeluang Raih Emas
Kolaborasi Mahyeldi-Vasko dan Muhammadiyah untuk Majukan Sumatera Barat
Kolaborasi Mahyeldi-Vasko dan Muhammadiyah untuk Majukan Sumatera Barat
Gubernur Mahyeldi Motivasi Admin Medsos OPD Pemprov Sumbar dengan Teori Jendela Johari
Gubernur Mahyeldi Motivasi Admin Medsos OPD Pemprov Sumbar dengan Teori Jendela Johari
Kalahkan Pegulat Tuan Rumah, M. Fauzan  Sumbang Medali Perunggu untuk Sumbar
Kalahkan Pegulat Tuan Rumah, M. Fauzan Sumbang Medali Perunggu untuk Sumbar
Raffi Ahmad Dukung Vasko Ruseimy, Siap Membantu Membangun Sumatera Barat
Raffi Ahmad Dukung Vasko Ruseimy, Siap Membantu Membangun Sumatera Barat