PT Semen Padang Pamerkan Produk Inovatif SEPABLOCK kepada Pimpinan Media Sumbar

Padang, Padangkita.com - PT Semen Padang menerima kunjungan sejumlah pimpinan media di Sumatra Barat pada Kamis (21/12/2023) kemarin.

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai upaya konservasi dan inovasi yang dilakukan oleh perusahaan semen tertua di Indonesia ini.

Salah satu hal yang menarik perhatian para pimpinan media adalah produk turunan Semen Padang yang bernama SEPABLOCK.

Produk ini merupakan interlock brick atau bata sambung yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan material bangunan lainnya.

Para pimpinan media berkesempatan untuk melihat langsung penerapan SEPABLOCK di area konservasi PT Semen Padang.

Di sana, terdapat gazebo yang dibangun menggunakan SEPABLOCK. Mereka juga mendapatkan penjelasan dari pihak PT Semen Padang tentang proses pembuatan dan manfaat dari produk ini.

Rombongan pimpinan media disambut oleh Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri, Komisaris, Khairul Jasmi, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Iskandar Z Lubis, Kepala Unit Sarana Umum, Deni Zen, Nurita Handayani dari tim Cagar Budaya Indarung I, dan Edi Fahrizal, Staf CSR.

Rakhmatul Akbar, Pemimpin Redaksi Infosumbar, mengapresiasi PT Semen Padang yang terus melakukan diversifikasi dan inovasi produk.

"Saya salut dengan insan PT Semen Padang. Produk yang mereka lahirkan layak mendapatkan perhatian dan dikembangkan karena saya meyakini akan memberikan nilai tambah untuk perusahaan," ujarnya.

Ia juga berharap perusahaan tidak berhenti di titik inovasi, karena dikhawatirkan menjadi ide bagi kompetitor untuk pengembangan bisnis mereka.

"Hal ini jangan sampai itu terjadi. Selanjutnya, ya tinggal terus mengembangkan pasar. Selamat untuk tim inovasi PT Semen Padang," kata wartawan senior yang akrab dipanggil Camaik itu.

Pemimpin Redaksi Harian Rakyat Sumbar Sukri Umar mengatakan SEPABLOCK merupakan sebuah inovasi yang luar biasa dari PT Semen Padang.

"SEPABLOCK luar biasa, dan kami yakin produk ini akan banyak diminati masyarakat. Apalagi, paparan yang disampaikan oleh pihak Semen Padang sangat jelas, ramah lingkungan, ramah gempa, dan tentunya produk ini sangat cocok untuk bangunan rumah di Sumbar yang merupakan daerah rawan gempa," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Pemred media online Padangkita.com, Montosori. Kata dia, secara pribadi dirinya menyambut baik produk turunan ini.

"Ini sebuah terobosan bagi PT Semen Padang di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini, dan produk SEPABLOCK tentunya akan memberikan keuntungan bagi PT Semen Padang secara bisnis," katanya.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis menjelaskan, untuk pemasangan SEPABLOCK telah bekerja sama dengan Politeknik Negeri Padang.

"Kami pernah melakukan pelatihan tukang bekerja sama dengan Politeknik Negeri Padang untuk pembangunan rumah korban gempa di Pasaman Barat tahun 2022 lalu," kata Iskandar.

Staf Bisnis Inkubasi Non Semen Yelmi Arya Putra menjelaskan berbagai keuntungan menggunakan SEPABLOCK dibandingkan material lain, di antaranya membuat biaya pembangunan rumah tipe 36 subsidi lebih hemat 10 persen dibandingkan menggunakan material bata merah.

"Penghematan tersebut, karena kolom dan balok dinding SEPABLOCK dibangun bersamaan dengan dinding, tidak perlu di plester dan di aci, dan juga durasi pengerjaannya lebih cepat," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dinding rumah SEPABLOCK dapat langsung dicat atau di coating, sehingga hemat dan ekonomis.

Kemudian, menggunakan SEPABLOCK juga membuat rumah menjadi jauh lebih estetik dan kekinian, atau enak dipandang.

"Menggunakan SEPABLOCK, akan membuat ruangan di dalam rumah atau bangunan menjadi lebih sejuk. Sebab, di SEPABLOCK memiliki lobang-lobang untuk melepaskan panas yang terisolasi di dalam ruangan," terangnya.

SEPABLOCK ramah gempa, karena pasangan SEPABLOCK saling mengikat, sehingga tetap kokoh selama terjadi gempa. Bahkan, dari pengujian siklik atau ujian literal dorong dan tarik di PUPR, dinyatakan bahwa produk SEPABLOCK sudah masuk ke kategori ramah gempa.

Baca Juga: PT Semen Padang Raih PROPER Emas, Komitmen Keberlanjutan Lingkungan dan Masyarakat

Yelmi mengatakan, SEPABLOCK telah digunakan di beberapa daerah di Sumbar, seperti Pasaman Barat, di Arosuka, Kabupaten Solok, dan lain-lain. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Baca Juga

400 Kantong Darah untuk Kemanusiaan, Berkat Aksi Donor Darah Semen Padang
400 Kantong Darah untuk Kemanusiaan, Berkat Aksi Donor Darah Semen Padang
PT Semen Padang Jalin Kemitraan Lebih Erat dengan Kontraktor di Payakumbuh dan Limapuluh Kota
PT Semen Padang Jalin Kemitraan Lebih Erat dengan Kontraktor di Payakumbuh dan Limapuluh Kota
Inovasi Semen Padang Selamatkan Ikan Bilih, Raih Penghargaan Internasional
Inovasi Semen Padang Selamatkan Ikan Bilih, Raih Penghargaan Internasional
Direktur Utama PT Semen Padang Dianugerahi Gelar Kehormatan, Komitmen Lestarikan Adat Nusantara
Direktur Utama PT Semen Padang Dianugerahi Gelar Kehormatan, Komitmen Lestarikan Adat Nusantara
Unand dan Semen Padang Wujudkan Mimpi Air Bersih dan Penerangan di Mentawai
Unand dan Semen Padang Wujudkan Mimpi Air Bersih dan Penerangan di Mentawai
Gencarkan Program Bedah Rumah, Semen Padang Survei 11 Kelurahan
Gencarkan Program Bedah Rumah, Semen Padang Survei 11 Kelurahan