90 Persen Kasus Aktif Covid-19 di Sumbar Varian Omicron

Padang, Padangkita.com – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumatra Barat (Sumbar) Jasman Rizal mengatakan 90 persen dari kasus aktif positif Covid-19 di Sumbar saat ini merupakan varian Omicron.

Informasi tersebut diperolehnya dari Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Dokter Andani Eka Putra.

“Hampir 90 persen dari total kasus aktif saat ini menurut Pak Andani adalah Omicron. Sementara, ada 100 sekian kasus aktif saat ini,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Rabu (2/2/2022).

Dia menuturkan, semua pasien yang terjangkit varian Omicron tersebut bergejala ringan. Mereka yang terpapar ini berasal dari berbagai daerah di Sumbar seperti Padang, Agam, Padang Panjang, Pariaman, dan sebagainya.

Saat ini, mereka menjalani isolasi mandiri ada di Asrama Haji Padang dan ada pula di rumah masing-masing.

“Pasien yang terjangkit varian Omicron rata-rata memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah seperti Pekanbaru, Jakarta, Bandung, dan sebagainya,” jelas Jasman.

Untuk mengantisipasi penyebaran varian Omicron di Sumbar, dia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Dia juga mengimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Covid-19 Varian Omicron Terdeteksi di Sumbar, Ini Saran dr Andani

“Vaksinasi itu penting. Bagi yang belum, silahkan divaksin. Bagi yang baru sekali, silahkan jadi dua kali. Bagi yang sudah dua kali, silahkan ikut vaksin booster sampai tiga kali,” ungkapnya. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist