800 Lansia Disuntik Vaksin di GOR HTT Padang, Masyarakat Diimbau Tak Termakan Informasi Hoaks

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: 800 Lansia disuntik vaksin sinovac di kompleks GOR Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang.

Padang, Padangkita.com – Sebanyak 800 warga yang sudah lanjut usia (lansia) mendapatkan suntik vaksin di kompleks Gelanggang Olah Raga (GOR) Himpunan Tjinta Teman (HTT) yang berada di kawasan Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang, Ferimulyani Hamid mengatakan, vaksinasi diperlukan sebagai senjata untuk menghilangkan pandemi Covid-19. Pasalnya, akibat penyakit tersebut, kata dia, hampir seluruh aktivitas masyarakat menjadi terganggu.

“Covid-19 ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja, akan tetapi di seluruh dunia. Semua warga yang berumur di atas 18 tahun harus divaksinasi. Supaya kekebalan bisa terjadi maka secepat mungkin vaksinasi ini harus dilakukan,” katanya, Sabtu (6/3/2021).

Selain itu, kata Fermulyani, pemberian vaksin untuk membentuk kekebalan komunitas (herd immunity) yang berarti kekebalan sebagian besar orang terhadap serangan virus, sehingga warga yang tidak kebal akan ikut terlindungi.

“Untuk mencapai (herd immunity) itu, maka 70 persen warga harus divaksin. Kami memastikan, vaksin (Sinovac) ini aman karena pelarutnya merupakan NaCL dan virusnya merupakan virus yang dimatikan. Jangan percaya informasi hoaks mengenai vaksin Sinovac dari sumber tak resmi,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini sekitar 19 ribu tenaga kesehatan (nakes) di Kota Padang sudah divaksin. Sementara petugas pelayan publik sekitar 1.000 orang dan lansia yang juga mencapai 1.000 orang.

Baca juga: Mulai Besok, 2.000 Pedagang Pasar Raya Padang Divaksin Covid-19, Termasuk Lansia

“Kami menargetkan 3 ribu hingga 4 ribu orang dapat divaksin setiap harinya, sehingga pada akhir tahun dapat tervaksin sekitar 700 ribu warga Kota Padang. Untuk stok vaksin yang tersedia di Dinkes saat ini berjumlah 32 ribu dosis, dan masih menunggu pengiriman vaksin dari pemerintah pusat,” imbuhnya. [*/pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist