6 Kepala OPD dan 2 Unsur Forkopimda Sumbar Positif Terinfeksi Covid-19

Padang, Padangkita.com – Sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) dilaporkan terinfeksi Corona (Covid-19). Terbaru, 6 kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan 2 dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Arry Yuswandi mengatakan 6 kepala OPD itu tengah menjalani isolasi dan pemulihan setelah terinfeksi.

“Terakhir, ada enam orang yang terkonfirmasi positif,” ujar Arry saat ditemui Padangkita.com usai meninjau penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Rasidin, Kota Padang, Selasa (27/7/2021) siang.

Enam kepala OPD tersebut yaitu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Sumbar Jasman Rizal, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) Sumbar Erman Rahman, dan Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti.

Kemudian, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar Hansastri, Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Sumbar Nasir Ahmad, dan Kabiro Hukum Sekdaprov Sumbar Ezeddin Zain.

“Rata-rata karena tidak bergejala, mereka isolasi mandiri. Alhamdulillah, kondisi mereka membaik. Terakhir, saya berkomunikasi dengan Pak Jasman, semakin baik kondisinya,” jelas Arry.

Arry menuturkan enam kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar yang terpapar Covid-19 sebelumnya telah menjalani program vaksinasi.

“Kita kan tidak tahu ya interaksi keseharian. Kadang-kadang, dari keluarga, dari anak, dari teman, kita tidak tahu,” komentarnya terkait bagaimana enam OPD terkait tersebut terpapar Covid-19.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat yang telah disuntik vaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Dari para ahli, memang tidak ada jaminan setelah divaksin itu otomatis tidak tertular. Dia kan dalam upaya membentuk imunitas tubuh. Bukan otomatis kebal. Ada proses yang harus dialami oleh tubuh kita ketika dimasukkan vaksin,” jelasnya.

Vaksinasi memperkecil risiko seseorang terpapar Covid-19. Pun, jika orang yang telah menjalani vaksinasi pada akhirnya juga terpapar Covid-19, maka gejala yang dialaminya adalah ringan.

“Pasien yang sudah divaksin lebih cepat dan lebih pengobatannya ketimbang belum divaksin. Hal ini bisa ditemukan di (Rumah Sakit Umum Pusat) M Djamil Padang,” terangnya.

Selain 6 kepala OPD itu, 2 unsur Forkopimda Sumbar juga dilaporkan terinfeksi Corona. Mereka adalah Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar, Anwarudin Sulistiyono dan Ketua DPRD Sumbar Supardi.

Baca juga: Pasien Covid-19 yang Dirawat dan Isolasi di Sumbar Capai 10.839 Orang, Pasien yang Meninggal Melonjak 16 Orang

Kajati Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19 disampaikan oleh Kasi Penkum Kejati Sumbar, Suhendra pekan lalu. Sementara Ketua DPRD Sumbar Supardi, positif Covid-19 disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal yang saat ini juga masih pemulihan setelah terpapar Covid-19. [fru/pkt]

Terpopuler