6 Fakta Unik di Balik Pembuatan Jembatan Akar di Sumbar yang Berusia Ratusan Tahun

Penulis: Wina

Berita viral terbaru dan berita trending terbaru: Dengan keunikan yang dimiliki, jembatan akar kini jadi wisata Sumbar yang diminati.

Padangkita.com – Salah satu tempat wisata yang unik di Sumatera Barat ialah jembatan akar. Jembatan akar merupakan jembatan alami yang terbentuk dari jalinan dua akar pohon yang tumbuh berseberangan dan membentang di atas aliran batang Bayang.

Jembatan ini tergolong unik lantaran pembuatannya melibatkan alam yang hasilnya amat kuat hingga kini telah berusia 100 tahun lebih.

Jembatan akar ini terletak di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Tak hanya jembatannya yang unik, namun pembuatan  jembatan ini juga dikenal unik dan butuh proses yang panjang hingga berpuluh tahunan lamanya. Lantas, inilah lima fakta unik di balik pembuatan jembatan akar di Sumatera Barat.

2. Menghubungkan 2 Kampung

Tujuan dibuatnya jemnatan ini dahulu ialah untuk menghubungkan dua kampung yang berseberangan, yaitu antara kampung Pulut – pulut (warga menyebutnya Puluik – puluik) dan Kampung Lubuk Silau.

Pasalnya, dahulu, murid-murid susah untuk pergi mengaji atau pun sekolah. Mereka dahulu jika pergi sekolah atau pun mengaji harus menyeberangi sungai yang arusnya terkadang juga deras.

Salah seorang ulama bernama Pakih Sokan membuat jembatan ini untuk memudahkan murid-muridnya menyeberang sungai saat hendak belajar mengaji.

Terpopuler

Add New Playlist