6 Calon MWA Unand Wakil Masyarakat Ada Menteri, Jenderal TNI, dan Komut BUMN

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Ketua Senat Akademik Universitas Andalas atau Unand Syafrizal Sy mengungkapkan terdapat enam calon anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Unand wakil dari masyarakat periode 2021-2026.

“Rektor sudah mengajukan enam nama ke Senat Akademik Unand. Ada dari mereka yang menawarkan diri dan ada pilihan rektor sendiri,” kata Syafrizal dalam konferensi pers, Jumat (21/10/2021).

Keenam calon tersebut, kata Syafrizal, selanjutnya akan dipilih menjadi tiga orang untuk mengisi posisi anggota MWA Unand.

Namun, pihaknya enggan merinci nama calon tersebut. Ia menyebut daftar calon MWA masih bisa berubah.

“Berdasarkan peraturan Senat Akademik Unand, rektor wajib mengajukan minimal enam calon. Itu sudah kami terima. Nama atau jumlahnya bisa jadi berubah, jadi kami belum mempublikasikannya,” kata Syafrizal.

Pihaknya akan mengumumkan secara resmi enam calon MWA Unand dari wakil masyarakat pada Sabtu (23/10/2021).

Meski demikian, Syafrizal menyebut di antara nama calon tersebut, ada yang saat ini menjabat sebagai menteri, komisaris utama BUMN, dan jenderal TNI.

“Yang jelas, anggota MWA Unand tidak boleh berafiliasi dengan partai politik,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan MWA Unand Khairul Fahmi mengatakan, anggota MWA Unand yang akan dipilih tidak boleh terlibat konflik kepentingan.

Ia tidak menampik beberapa calon MWA Unand wakil dari masyarakat ada yang menjabat di kementerian, BUMN, atau TNI.

“Yang kita lihat apakah jabatan yang diemban itu akan merugikan Unand atau tidak,” ujar Khairul.

Proses pemilihan anggota MWA Unand akan berlangsung hingga Selasa (26/10/2021).

Ada 14 posisi anggota MWA Unand. Sebanyak delapan kursi untuk wakil dari dosen, terdiri dari empat orang jabatan akademik profesor dan empat orang jabatan akademik lektor kepala.

Selanjutnya, masing-masing satu kursi untuk wakil tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni. Lalu, ada tiga kursi MWA untuk wakil dari masyarakat.

Baca juga: Waktu Kecil Takjub Lihat Sapi Mengunyah Rumput, Akhirnya Jadi Doktor Nutrisi Ruminansia

Pemilihan anggota MWA akan terbagi dalam dua jadwal. Pemilihan MWA wakil mahasiswa dan tenaga kependidikan akan dilaksanakan pada Senin (25/10/2021). Adapun pemilihan MWA wakil dosen dan masyarakat akan dilaksanakan pada Selasa (26/10/2021). [den/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist