5 Desa Wisata Sumbar Masuk 75 Desa Terbaik ADWI 2023, Dua Desa Pecahkan Rekor MURI

5 Desa Wisata Sumbar Masuk 75 Desa Terbaik ADWI 2023, Dua Desa Pecahkan Rekor MURI

Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada ajang Apresiasi Desa Wisata (ADWI) tahun 2023. Lima Desa Wisata Sumbar masuk 75 Desa Wisata Terbaik dan 2 desa memecahkan rekor MURI. [Foto: Dok. Biro Adpim Sumbar]

Jakarta, Padangkita.com Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memborong juara dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023. Dalam pengumuman tadi malam (27/8/2023), Sumbar menempatkan 5 desa wisata dalam 75 desa wisata terbaik ADWI 2023.

Adapun lima desa wisata terbaik tersebut adalah Desa Wisata Nyarai (Kabupaten Padang Pariaman), Desa Wisata Kubu Gadang (Kota Padang Panjang), dan Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung (Kabupaten Sijunjung).

Kemudian, Desa Wisata Puncak Lawang (Kabupaten Agam) dan Desa Wisata Muntei (Kabupaten Kepulauan Mentawai).

Desa Wisata Muntei sendiri terpilih menjadi Juara 1 kategori Daya Tarik Pengunjung. Kemudian dua desa wisata memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni Desa Wisata Perkampungan Adat Sijunjung dengan kategori rumah gadang berjejer terpanjang, dan Desa Wisata Muntei Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan kategori tato tertua.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi kepada 75 besar desa wisata terbaik dari total 4.573 desa wisata yang mendaftar ADWI 2023.

“Ini melebih target awal yaitu 4.000 pendaftar. Desa yang telah terjaring diharapkan dapat merasakan kemudahan dalam pengembangan desa wisata di Indonesia ke depannya,” kata Sandiaga di Gedung Sasono Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu malam (27/8/2023).

Penilaian ADWI 2023 terbagi menjadi sejumlah kategori yang meliputi Daya Tarik Pengunjung, Suvenir, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE. Kemudian, adapula kategori Desa Wisata Maju, Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Rintisan, serta Desa Wisata Terbaik.

Dalam pemilihannya, masyarakat juga diberi waktu untuk ikut berpartisipas langsung pada kategori Desa Wisata Favorit dengan menyukai video desa yang diunggah di akun YouTube Kemenparekraf.

Selain 5 desa wisata masuk 75 desa terbaik, Provinsi Sumbar juga menerima penghargaan dari MURI. Penghargaan yang diserahkan Ketua Umum MURI, Jaya Suprana tersebut diterima Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda.

Luhur Budianda menyampaikan, penghargaan tersebut adalah ganjaran atas dua desa wisata di Sumbar yang berhasil yang memecahkan rekor MURI pada ajang ADWI 2023.

Dengan keberhasilan dua desa wisata itu, Luhur berharap dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Sumbar. Ia menuturkan, ke depan pihaknya akan lebih menfokuskan pada sisi sosialisasi dan promosi. Menurut Luhur, hal tersebut perlu lebih digencarkan, terutama dengan melibatkan pemerintah kabupaten/kota dan stakeholder lainnya.

Ia berharap, dengan semakin masifnya promosi akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar, dan akan berdampak positif untuk perekonomian masyarakat Sumbar.

“Kita berharap penghargaan MURI ini dapat berefek terhadap kunjungan pariwisata di Sumbar. Dengan meningkatnya kunjungan pariwisata ke Sumbar maka akan berdampak pertumbuhan ekonomi Sumbar. Karena semakin lama wisatawan berkunjung, maka semakin besar perputaran uang di tengah masyarakat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” harapnya.

Luhur menambahkan, dari 14 nominasi desa wisata, Sumbar merupakan daerah terbanyak yang memecahkan rekor MURI. Selain pengumuman Rekor MURI, pada malam Anugerah ADWI tahun 2023 yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Uno tersebut juga diserahkan penghargaan Anugerah ADWI tahun 2023.

Acara tersebut juga dihadiri 33 gubernur, bupati wali kota dan 33 kepala dinas pariwisata provinsi. Selain itu juga hadir 33 kepala dinas pariwisata kabupaten/kota, lurah/kepala desa/wali nagari dan perwakilan 75 desa wisata seluruh Indonesia.

Baca juga: 2 Desa Wisata Pecah Rekor, Sumbar Terima Penghargaan MURI di Ajang ADWI 2023

Desa wisata yang mendaftar ADWI tahun 2023 seluruh Indonesia sebanyak 4.573 dari total 7.275 desa wisata Indonesia. Sementara, dari Provinsi Sumbar jumlah desa wisata yang mendaftar sebanyak 327.

Sandiaga Uno mengungkapkan, provinsi yang masuk 500 desa wisata terbanyak adalah Sumbar (40 desa wisata), Jawa Timur (40 desa wisata), dan Sulawesi Selatan (40 desa wisata).

Untuk Sumatra, Sumbar dengan jumlah 40 desa wisata adalah yang terbanyak, disusul Sumatra Utara (20 desa wisata), Lampung (16 desa wisata). [*/pkt]

Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Baca Juga

Bencana Alam Picu Kenaikan Angka Kemiskinan di Sumatera Barat
Bencana Alam Picu Kenaikan Angka Kemiskinan di Sumatera Barat
Kemendagri Puji Kesiapan Sumbar sebagai Tuan Rumah Event Nasional
Kemendagri Puji Kesiapan Sumbar sebagai Tuan Rumah Event Nasional
Di Depan Mahasiswa, Ini Hasil Kinerja - Fokus Percepatan Pembangunan yang Dipaparkan Gubernur Mahyeldi
Di Depan Mahasiswa, Ini Hasil Kinerja - Fokus Percepatan Pembangunan yang Dipaparkan Gubernur Mahyeldi
Catatkan SHU Rp1,9 Miliar, Koperasi KPN Balai Kota Padang Raih Sertifikat Sehat
Catatkan SHU Rp1,9 Miliar, Koperasi KPN Balai Kota Padang Raih Sertifikat Sehat
Catat Kinerja Positif, Laba Bersih Bank Nagari 2023 Capai Rp523,61 Miliar
Catat Kinerja Positif, Laba Bersih Bank Nagari 2023 Capai Rp523,61 Miliar
Kunjungi Posko Erupsi Marapi, Andre Rosiade Bantu Dapur Umum Rp25 Juta dan Sembako
Kunjungi Posko Erupsi Marapi, Andre Rosiade Bantu Dapur Umum Rp25 Juta dan Sembako