4 WBP Lapas Kelas IIA Padang Ikuti Diklat Barista di BLK, Gabung Bersama Masyarakat Umum

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Zulfikar

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sebanyak empat WBP Lapas Kelas IIA Padang ikuti diklat Barista di BLK Padang.

Padang, Padangkita.com – Sebanyak empat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang yang telah lolos pendataan sebagai Barista menjalani Pendidikan Kilat (Diklat) di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Padang selama 22 hari, terhitung pada Selasa (9/3/2021).

Kepala Seksi (Kasubsi) Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Padang, Sofinaldi mengatakan, dari 16 peserta dalam kelas Barista, pihaknya diberi kuota untuk WBP sebanyak empat orang, ditambah satu orang pegawai Lapas.

“Dari seleksi atau asesmen yang diikuti sebanyak enam orang, hanya empat yang terpilih. Ada juga satu orang pegawai diikutkan dalam kegiatan tersebut dengan tujuan nanti dia yang akan melanjutkan program (Barista) di Lapas Padang,” ujar Sofinaldi kepada Padangkita.com, Selasa (9/3/2021).

Lalu, dua WBP yang tidak lolos seleksi, maka mereka akan diprioritaskan untuk mengikuti pelatihan di tahap berikutnya.

“Nanti kami prioritaskan mereka ikut di program lain, yaitu Bakery atau Barbershop, karena itu rangkaian dari program B3 yang kami cetuskan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Padang, Era Wiharto mengatakan, pelatihan tersebut masuk ke dalam Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahun anggaran (TA) 2021 sebanyak satu paket, yakni Barista.

“WBP yang ikut pelatihan ini akan bergabung bersama 11 masyarakat lain yang juga mengikuti pelatihan serupa,” ujarnya.

Kemudian, Ahli Muda Pengembangan Teknologi Pembelajaran Ahli Muda BLK Padang, Riswanto mengatakan, pelatihan di BLK membutuhkan kedisiplinan yang nantinya akan memberi perubahan pada pola pikir.

Baca juga: Lapas Padang Bebaskan 1 WBP, Program Asimilasi Diperpanjang Hingga Juni 2021

“Para peserta akan dilatih mengolah kopi menjadi minuman yang nikmat dan berdaya jual tinggi selama 22 hari,” katanya. [zfk]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist